21 Desa di Pacitan Siap Gelar Pilkades, Dua Desa Baru Ada Satu Calon

oleh -1 Dilihat
Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pacitan Sigit Dani Yulianto. (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Sebanyak 21 desa di Kabupaten Pacitan Bersiap menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) pada tahun 2023 ini. Namun demikian, dari 21 desa yang akan menggelar Pilkades itu, dua desa diantaranya baru ada satu calon kepala desa (cakades) yang resmi mendaftar.

Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pacitan Sigit Dani Yulianto mengatakan tahapan pendaftaran calon sudah selesai.

Saat ini, kata dia sudah ada 48 bakal calon kepala desa (bacakades) terdaftar di panitia pilkades tingkat desa.

Perinciannya, laki-laki 42 orang dan enam perempuan yang akan mencoba peruntungan dalam pesta demokrasi tingkat desa tersebut.

‘’Pendaftaran selesai 7 Juni kemarin,”kata pria yang akrab disapa Dani ini, Minggu (18/6/2023) di Pacitan.

Sampai saat ini, kata dia, Pilkades sudah memasuki tahapan verifikasi dokumen calon yang sudah mendaftar di tahap 1.

“Dan nanti sekitar tanggal 4 (Juli) kita akan umumkan tahapan yang berikutnya jadi nanti ketika ada salah satu calon salah satu Desa calonnya kurang dari 2 nanti akan dibuka pendaftaran,”imbuhnya.

Tahapan verifikasi tersebut, ujar dia, juga berbarengan tahapan verifikasi Data Pemilih Tetap (DPT) Pilkades.

Sampai saat ini, kata Dani, dari total 21 desa yang akan melaksanakan Pilkades, menyisakan dua desa yang baru ada satu calon yang mendaftar sebagai cakades.

“Sampai hari ini masih menyisakan dua desa yang yang masih kosong yaitu desa Dadapan dan desa Pelem baru ada 1 calon, untuk yang lain sudah ada dua calon minimal, paling banyak ada 4 calon,”ujar dia.

Terkait pemetaan potensi kerawanan Pilkades, Dani mengungkapkan sampai saat ini berlangsung lancar.

Namun demikian pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak desa untuk memetakkan lebih lanjut potensi kerawanan Pilkades serentak yang akan digelar pada 26 Agustus 2023 mendatang

“Sampai saat ini Kami selalu koordinasi dengan tim desa, Alhamdulillah masih berjalan lancar, tapi kita selalu koordinasi dan komunikasi dengan instansi terkait, terkait dengan potensi kerawanan,”pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.