Kolaborasi dengan Dewan Kesenian, BEM STKIP PGRI Pacitan Gelar Sarasehan Kebudayaan

oleh -0 Dilihat
Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STKIP PGRI Pacitan berkolaborasi dengan Dewan Kesenian Pacitan menggelar sarasehan Kebudayaan yang diselenggarakan pada Kamis (15/6/2023) di Gedung Karya Dharma Kabupaten Pacitan. (Foto: Putro Primanto)

Pacitanku.com, PACITAN – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STKIP PGRI Pacitan berkolaborasi dengan Dewan Kesenian Pacitan menggelar sarasehan Kebudayaan yang diselenggarakan pada Kamis (15/6/2023) di Gedung Karya Dharma Kabupaten Pacitan.

Hadir dalam kegiatan itu Kusen Alipah Hadi sebagai pembicara, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Pacitan Andi Faliandra, pegiat seni dan budaya Kabupaten Pacitan, mahasiswa dari berbagai kampus di Pacitan, dan siswa jenjang sekolah menengah atas Kabupaten Pacitan.

Presiden Mahasiswa STKIP PGRI Pacitan Ilham Saputra dalam keterangannya mengatakan salah satu aspek penting yang ditekankan dalam sarasehan kebudayaan ini adalah kolaborasi memainkan peran yang sangat penting dalam konsep budaya di era saat ini.

“Melalui panel diskusi yang melibatkan tokoh-tokoh budaya terkemuka, merupakan kesempatan untuk mendengarkan beragam perspektif dan pengalaman. Hal ini membuka wawasan baru tentang berbagai budaya yang ada di sekitar kita,”katanya.

Ilham mengatakan pembahasan sarasehan ini tak lepas dari hubungan antara budaya dan identitas sangat erat. Identitas seseorang, baik itu individu atau kelompok, seringkali dipengaruhi oleh budaya tempat mereka tumbuh dan berkembang.

Budaya, kata dia, mencakup nilai-nilai, norma, keyakinan, bahasa, adat istiadat, dan tradisi yang dianut oleh suatu kelompok masyarakat.

“Melalui momentum Sarasehan Kebudayaan ini, mari kembali mengingatkan kita akan kesadaran kolektif untuk memiliki paradigma baru dalam menghadapi tantangan krisis identitas dan disrupsi teknologi yang berkembang begitu cepat dan pesat,”ujar Ilham.

“Tiba saatnya bagi kita sebagai insan muda untuk memegang jati diri dan identitas kita sebagai generasi penerus bangsa. Tanamkan nilai-nilai budaya dalam diri guna mendukung diri kita agar dapat memanfaatkan teknologi untuk memajukan bangsa ini,”imbuhnya.

Sementara, Ketua STKIP PGRI Pacitan Mukodi mengatakan anak mudalah yang akan meletakkan dan merekatkan budaya-budaya khususnya yang ada di Kota Pacitan yang adi luhung ini. “Perlu kita sadari bahwa budaya yang kita miliki sifatnya sangat mulia dan memiliki nilai-nilai yang dihormati dalam kalangan masyarakat,”katanya.

No More Posts Available.

No more pages to load.