Sebanyak 164 Jamaah Calon Haji Pacitan Berangkat ke Tanah Suci, Usia Tertua 94 Tahun

oleh -2 Dilihat
BERANGKAT KE TANAH SUCI. Jamaah calon haji Pacitan berangkat ke tanah suci dan dilepas dari Pendopo Kabupaten Pacitan pada Rabu (24/5/2023). (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Sebanyak 164 jamaah calon haji (JCH) dari Kabupaten Pacitan diberangkatkan ke tanah suci pada Rabu (24/5/2023).

Sebanyak 164 jamaah haji Pacitan tersebut dilepas secara langsung oleh Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji pada Rabu pagi di Pendopo Kabupaten Pacitan.

Dalam acara pelepasan JCH itu, Bupati menitipkan bendera merah putih serta pataka panji Pacitan.

Dari total 164 jamaah haji yang berangkat tersebut, rinciannya adalah 71 jamaah haji laki-laki dan 93 jamaah perempuan.

Adapun usia tertua JCH Pacitan tahun ini adalah usia 94 tahun atas nama Isnatin Mukmin Ngadenan, warga Desa Bangunsari, Kecamatan Pacitan. Sementara jamaah termuda berusia 24 tahun.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama Kabupaten Pacitan Mutongin sata dikonfirmasi mengatakan pada pemberangkatan tahap pertama ini, sebenarnya ada 166 jamaah yang sedianya berangkat.

Namun demikian, Mutongin mengatakan satu diantaranya yang sedianya akan berangkat ke asrama Haji Sukolilo Surabaya mendadak sakit dan harus dirawat di Rumah Sakit (RS).

“Hari ini kita melaksanakan upacara pemberangkatan untuk jamaa haji berjumlah 166 orang, kemudian ternyata ada kendala ada 1 jamaah yang tadi pagi masuk rumah sakit sehingga harus dirawat, karena beliau mendaftar bersama istri akhirnya, ya secara otomatis istrinya menunggu suaminya di rumah sakit, sehingga yang akan berangkat 164 jamaah,”katanya.

Secara persiapan, Mutongin mengungkapkan Pemkab Pacitan sudah menyiapkan dengan baik sejak proses keberangkatan dari Pacitan menuju ke asrama haji Sukolilo hingga terbang bersama kelompok terbang (Kloter) 6 dari Kabupaten Pamekasan dan Kota Surabaya.

“Insyaallah secara umum persiapan kita untuk berangkat sudah matang, baik personilnya yang akan mengantar kesana, sampai nanti armadanya nsyaallah udah siap,”ujar dia.

Dengan kesiapan yang baik, Mutongin berharap perjalanan ratusan jamaah tersebut berjalan lancar dan tidak ada halangan apapun.

Lebih lanjut, Mutongin mengatakan Pacitan sendiri pada musim haji tahun ini tidak ada kuota. Hanya saja jamaah haji yang diberangkatkan adalah jamaah yang berhak lunas pertama, lunas kedua dan lunas tahap ketiga.

“Insyaallah nanti pada periode kedua pada tanggal 9 Juni akan diberangkatkan untuk periode berikutnya Insyaallah semua cadangan sehingga total 56 calon jamaah haji, ditambah hari ini 166 jamaah haji,”jelas dia.

Jamaah haji dari Pacitan dijadwalkan tiba di Asrama Haji Sukolilo, Kota Surabaya pada Rabu (24/5/2023) pukul 19.00 WIB.

Setelah berada di asrama haji Sukolilo sekitar 1 hari, jamaah haji dijadwalkan terbang dari Bandara Internasional Juanda ke tanah suci pada Kamis (25/5/2023) pukul 18.30 WIB.

No More Posts Available.

No more pages to load.