Desa Sendang Masuk 75 Desa Wisata Terbaik, Didorong Tonjolkan Destinasi Alam, Budaya dan Event

oleh -13 Dilihat
ADWI Kemenparekraf RI. Desa Wisata Sendang, Rabu (10/05/2023) mendapatkan visitasi dari Kemenparekraf RI. (Foto: Dok. Prokopim Pacitan)

Pacitanku.com, DONOROJO – Desa Wisata Sendang, Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan dipastikan masuk nominasi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Kepastian ini muncul setelah desa dengan pesona Pantai Ngiroboyo itu lolos 75 besar desa wisata terbaik dari Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Atas capaian tersebut, Desa Wisata Sendang, Rabu (10/5/2023) lalu mendapatkan visitasi dari Kemenparekraf RI.

Baca juga: Selamat, Perjuangan dan Kerja Keras Desa Sendang Sukses Wakili Pacitan Raih Prestasi Anugerah Desa Wisata Indonesia

Hadir di Pacitan Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf RI Indra Ni Tua, dewan juri ADWI 2023 Adie Darmawan dan Sugeng Handoko.

Kehadiran tim visitasi disambut langsung Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji di destinasi wisata Pesona Pantai Ngiroboyo, Dusun Sambi, Desa Sendang Kecamatan Donorojo.

ADWI Kemenparekraf RI. Desa Wisata Sendang, Rabu (10/05/2023) mendapatkan visitasi dari Kemenparekraf RI. (Foto: Dok. Prokopim Pacitan)

Menurut Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf RI Indra Ni Tua, keputusan Desa Sendang untuk menjadikan pariwisata sebagai tematik pembangunan merupakan sebuah langkah besar.

Sehingga, kata dia, pencapaian kesepakatan tersebut harus dijaga karena sudah melalui proses yang panjang.

“Yang harus ditonjolkan (Desa Sendang) ini adalah alamnya yang luar biasa, ada potensi budaya, ada juga event yang berulang sejak tahun 2012 dan itu yang jadi triger Desa Sendang dalam membangun wisatanya,”katanya, mengutip siaran pers Prokopim Pacitan.

Keberhasilan Desa Wisata Sendang mengembangkan potensi pariwisata tersebut tentu bukan sesuatu yang instan. Namun, buah kerja keras serta perjuangan yang panjang.

Sejak dibuka dan dikelola oleh pemerintah desa (Pemdes) setempat 2012 silam, Pantai Ngiroboyo terus berbenah. Tahun 2021 masuk 300 besar ADWI dan naik menjadi 100 besar di tahun 2022.

“Sejak awal pengelolaan kami terus berbenah dan mengembangkan pantai Ngiroboyo ini terutama untuk memenuhi 5 kategori penilaian ADWI,”terang Direktur Bumdes Subur Makmur Wildan Nur Swi Harmoko yang dipercaya mengelola obyek wisata Pantai Ngiroboyo.

Sementara, menurut Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji capaian Desa Sendang masuk 75 besar desa wisata terbaik merupakan hasil perjuangan perjalanan satu tahun terakhir.

Mas Aji berharap dengan prestasi ini Desa Sendang dengan potensi wisatanya semakin mendunia serta bisa membangkitkan perekonomian masyarakat.

“Mudah mudahan bisa membangkitkan perekonomian khususnya masyarakat”, katanya.

Video Piknik Asyik di Pesona Ngiroboyo

No More Posts Available.

No more pages to load.