Mengapa Industri Kreatif Perlu Menggunakan Aplikasi Absen Online?

oleh -Dibaca 73 kali
Young woman passenger standing with headphones and smartphone while moving in the modern tram, enjoying trip at the public transport

Pacitanku.com — Tahukah Anda? menurut data 2018, industri kreatif menyumbang 852 triliun rupiah atau setara dengan 7,8 persen dari total PDB Indonesia. Dengan angka sebesar itu menjadikannya sebagai industri potensial yang akan terus tumbuh di Indonesia.

Jenis industri kreatif di Indonesia sendiri terus bertambah mulai dari periklanan, arsitektur, pasar seni, kerajinan tangan, desain gambar, fashion, dan masih banyak lagi.

Seiring dengan perkembangannya, industri ini pun harus mengadopsi teknologi dalam administrasi mereka seperti aplikasi absensi online mengapa demikian? Mari temukan jawabannya di bawah ini!

Karakteristik Industri Kreatif

Sebelum kita menjelaskan terlalu jauh tentang mengapa industri kreatif penting menggunakan aplikasi absen online. Terlebih dulu mari kita lihat seperti apa karakteristik dari industri satu ini.

Mengutip dari LinovHR, berikut ini beberapa karakteristik yang dimiliki oleh industri kreatif, yaitu:

1. Punya Suasana Santai dan Menyenangkan

Karakteristik satu ini mungkin sudah menjadi rahasia umum bahwa bekerja di industri kreatif cenderung lebih santai. Tidak jarang juga beberapa perusahaan bahkan menyediakan fasilitas yang sangat memanjakan karyawannya seperti Play Station, meja billiard, sampai bilik tidur.

Semua fasilitas ini diberikan bukan tanpa alasan, ini semua diberikan untuk merangsang kreativitas karyawannya selama bekerja.

2. Pakaian Kasual

Tidak seperti industri pada umumnya yang mengharuskan karyawannya berkemeja dan celana bahan. Para pekerja di industri satu ini diperkenankan untuk mengenakan pakaian kasual selama pakaian tersebut masih sopan dan rapi.

3. Bebas Eksplorasi Ide dan Gagasan

Ide dan gagasan menjadi salah satu modal utama dalam industri ini. Para karyawan di industri kreatif wajib selalu untuk memiliki ide-ide segar yang mereka harus tuangkan di suatu projek yang berbeda.

Pentingnya Aplikasi Absen Online di Industri Kreatif

Industri kreatif memang sedikit berbeda dari industri manufaktur atau industri keuangan. Namun, walau berbeda bukan berarti industri ini mengabaikan pengelolaan administrasi karyawan seperti pengelolaan absen kerja.

Sebagai industri yang bergerak cepat, penggunaan aplikasi absen online adalah yang paling sesuai untuk industri satu ini, mengapa?

1. Mendukung Fleksibilitas

Penggunaan teknologi absensi online sangat cocok untuk orang-orang di industri kreatif yang biasanya bekerja dengan fleksibilitas tinggi. Dengan bantuan aplikasi absen online mereka tidak lagi harus datang ke kantor hanya untuk melakukan absen.

Mereka bisa absen di mana saja dan kapan saja hanya dengan bantuan smartphone mereka. Dengan begitu, tidak ada lagi hambatan untuk menemukan ide-ide dan konsep baru.

2. Pelacak Waktu

Aplikasi absen online hadir dengan kemampuan untuk mampu melacak waktu kehadiran karyawan. Fitur ini jadi sangat penting bagi HR untuk menghitung apakah karyawan telah memenuhi jam kerja yang ditetapkan atau belum. Serta mengetahui waktu lembur karyawan.

Dari pelacakan waktu ini, HR dapat menghitung penggajian dengan lebih mudah.

3. Visibilitas

Penggunaan aplikasi absen online juga mendukung visibilitas dan transparansi dalam perusahaan. Sehingga perusahaan dapat menganalisis secara komprehensif dan strategis untuk mengatur kebijakan mengenai cuti, jam kerja, budaya tempat kerja, kinerja, dan lain-lain.

Beruntungnya, sekarang industri kreatif tidak lagi perlu susah dalam menemukan aplikasi absen online karena sekarang sudah ada LinovHR. Sebuah perusahaan penyedia aplikasi dan software HRIS dengan modul dan fitur terlengkap.

Untuk aplikasi absen online LinovHR sudah dilengkapi dengan kemampuan face recognition, geo location, sampai pengajuan cuti dan izin. Semua tersedia dalam satu tempat dan bisa dilakukan hanya melalui smartphone. Anda dapat mengunjungi website LinovHR untuk mengajukan demo dan mengetahui fitur-fiturnya.

Referensi: https://www.linovhr.com/industri-kreatif/