Gelar FGD, BPS Pacitan Siap Rilis Data Long Form Sensus Penduduk 2020

oleh -Dibaca 148 kali
FGD Long Data. Kegiatan FGD oleh BPS Pacitan pada Rabu (21/12/2022). (Foto: Putro Primanto/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pacitan segera merilis data long form hasil sensus penduduk (SP) tahun 2020 lalu pada awal tahun 2023 mendatang.

Sebelum merilis data long form, BPS menggelar Focus Group Discussion (FGD) Data Long Form yang digelar pada Rabu (21/12/2022) di Parai Teleng Ria Pacitan.

“Sensus penduduk adalah sensus terbesar yang dilakukan BPS mencakup seluruh wilayah Indonesia dengan akhiran angka 0, terakhir tahun 2020,”kata Kepala BPS Pacitan Wisma Eka Nurcahyani dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Wisma mengatakan untuk variabel yang dikumpulkan merupakan variabel pribadi meliputi beragam sektor pribadi hingga ketenagakerjaan.

“Variabel yang di kumpulkan variabel yang meliputi pribadi hingga ketenagakerjaan. Hasil SP 2020 yang bersisi demografi penduduk Pacitan, yang akan dirilis pada Januari 2023,”jelasnya.

Kegiatan FGD tersebut, kata dia, dalam rangka untuk menyiapkan rilis Data Long Form yang menjadi bukti dokumentasi rilis SP 2020.

“Karena rilis tinggal bulan depan, maka kita sempatkan untuk berdiskusi untuk apa yang kita dapatkan berdasar hasil sensus penduduk tersebut, hasil FGD nanti akan kita jadikan bukti dokumentasi dalam rilis SP 2020,”paparnya.

Adapun dalam kegiatan FGD Long Form Hasil Sensus Penduduk 2020, terdiri atas beragam pemangku kepentingan di Pacitan dengan komposisi 200 orang peserta.

“Peserta FGD sebanyak 200 orang, terdiri dinas forkopimda, ormas, media dan berbagai unsur lainnya,”tandas dia.

Turut hadir dalam kegiatan itu adalah Sekretaris Daerah (Sekda) Pacitan Heru Wiwoho Supardi Putra dan juga Ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono.