Kemenperin dan Pemkab Gelar Bimtek Kerajinan Anyaman Pandan, Harapkan Jadi Produk Unggulan di Pacitan

oleh -Dibaca 162 kali
BIMTEK. Kemenperin menggelar bimtek anyaman pandan di Desa Sidomulyo Ngadirojo pada Senin (14/11/2022). (Foto: Sudarsono/Pacitanku)

Pacitanku.com, NGADIROJO – Kementerian Perindustrian RI, melalui Direktorat Jenderal (Dirjen) Industri Kecil, Menengah dan Aneka bekerja sama dengan Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian (Dikuperin) Pacitan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) wirausaha baru Kerajinan Pandan bagi Masyarakat di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan.

Kegiatan itu digelar mulai Senin (14/11/2022) sampai Jumat (18/11/2022) di Balai Desa Sidomulyo dan diikuti 30 pengrajin anyaman pandan di Desa tersebut.

Direktorat Jenderal (Dirjen) Industri Kecil, Menengah dan Aneka Kemenperin H Jenih MM mengatakan tujuan dari bimbingan teknis, masyarakat memperoleh keterampilan mengolah bahan baku pandan menjadi anyaman setengah jadi dan bahan jadi berupa tas dan furniture.

“Dengan meningkatnya keterampilan menganyam pandan, diharapkan produk anyaman pandan akan menjadi produk unggulan sebagai komoditas ekspor sehingga akan membuka lapangan kerja dan menumbuhkan ekonomi masyarakat,”katanya.

Sementara, Kadiskuperin Pacitan Prayitno berharap dengan pelatihan tersebut akan meningkatkan ketrampilan anyaman dan produk unggulan, sehingga menjadi komoditas ekspor.

PRODUK PANDAN. Anyaman pandan dari pengrajin di Desa Sidomulyo Ngadirojo Pacitan. (Foto: Sudarsonno/Pacitanku)

“Tentunya bisa membuka lapangan kerja, dan menumbuhkan ekonomi masyarakat khususnya di Desa Sidomulyo Ngadiorjo, syukur nanti bisa tumbuh berkembang di wilayah lain di kabupaten Pacitan,”kata Prayitno.

Dia meyakini, dengan ekonomi tumuh pendapatan perkapita masyarakat menigkat, harapannya hidup masyarakat bahagia dan sejahtera sesuai dengan visi dan misi Bupati Pacitan.

Turut hadir dalam kegiatan itu Direktur Industri Aneka dan IKM Kimia, Sandan dan Kerajinan Kemenperin, Trainer, Kepala Dikupern, Camat Ngadirojo. Kades dan Perangkat desa Sidomulyo Kecamatan Ngadirojo dan para calon pengrajin anyaman dari pandan.

No More Posts Available.

No more pages to load.