DPRD Minta Pemkab Maksimalkan APBD 2023 untuk Kesejahteraan Masyarakat

oleh -Dibaca 1,143 kali
PARIPURNA. DPRD Pacitan menggelar rapat paripurna dengan pembahasan Pandangan Umum Raperda APBD 2023 pada Kamis (10/11/2022) malam. (Foto: Putro Primanto)

Pacitanku.com, PACITAN – Penyusunan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2023 Kabupaten Pacitan memasuki babak baru. Setelah penyampaian nota bupati beberapa waktu yang lalu, pada Kamis (10/11/2022) malam DPRD Pacitan menggelar rapat paripurna pemandangan umum fraksi-fraksi berkaitan raperda tersebut.

Dalam kegiatan rapat paripurna PU fraksi-fraksi terhadap raperda APBD 2023 juga turut dihadiri bupati dan forkopimda serta anggota DPRD Pacitan.

Dalam penyampaian pandangan umum fraksi Hanura dan Nasdem yang dibacakan anggota DPRD Bagus Surya Pratikna mengatakan perlunya memaksimalkan anggaran APBD 2023 untuk kesejahteraan masyarakat Pacitan.

“Adanya perhatian untuk mendukung pemulihan ekonomi dan adanya penyesuaian dana transfer umum yang dititikberatkan pada pendidikan, kesehatan, dan pekerjaan umum maka harus dimaksimalkan untuk mendukung kesejahteraan masyarakat,”kata Bagus dalam paparannya.

Sementara dalam APBD 2023, prioritas anggaran transfer dana umum pada bidang pendidikan, ksehatan, dan pekerjaan umum diharapkan dapat difokuskan untuk meningkatkan laju ekonomi masyarakat yang berdaya saing global.

“Kesehatan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, perawatan kesehatan yang terbaik diharapkan dapat dibangun di tahun 2023, pendidikan pemenuhan sarana dan prasarana sekolah serta guru pendidik yang revolusioner dan berdaya saing, ketiga tercapainya Insfrastruktur yang baik antar desa antar kecamatan sehingga laju ekonomi masyarakat dapat berjalan dengan baik,”imbuh Bagus yang merupakan legislator muda dari Partai Hanura ini.

Sementara Handaya Aji, ketua Fraksi Gabungan Keadilan Pembangunan Pacitan menjelaskan tambahan anggaran apda bidang pendidikan, kesehatan, dan pekerjaan umum diharapkan dapat mempertimbangkan skala prioritas.

“Tambahan anggaran pada bidang pendidikan, kesehatan, dan pekerjaan umum tahun 2023 diharapkan dapat mempertimbangkan prioritas. Sarana dan prasarana gedung sekolah yang menjadi aset daerah tidak asal bongkar dan bangun. Selanjutnya pembangunan jalan poros kabupaten masih banyak yang belum selesai dan tahun 2023 harus dapat diselesaikan,”kata pria yang akrab disapa Yoyok ini.

Lebih lanjut, Yoyok yan merupakan politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini mencontohkan, beberapa jalan poros kabupaten di Pacitan harus segera dibangun mengingat kondisi kerusakan yang sudah berangsur lama.

“Sebagai contoh rute (jalur) Tulakan-Kasihan-Tegalombo, sebagai rute gerilya panglima besar Jenderal Soedirman dalam berjuang, nyatanya 76 tahun Indonesia masih sama (belum banyak perubahan) dan diharapakan dengan adanya prioritas anggaran dapat dibangun tahun 2023,”harap dia.

Catatan redaksi: Berita ini telah mengalami penyesuaian judul dengan judul baru Minta Pemkab Maksimalkan APBD untuk Kesejahteraan Masyarakat pada Jumat (11/11/2022) pukul 16.13 WIB.

No More Posts Available.

No more pages to load.