Ketua STKIP PGRI Pacitan: PPL di Sekolah Penting untuk Menunjang Kompetensi Keguruan

oleh -Dibaca 531 kali

Pacitanku.com. PACITAN – Ketua STKIP PGRI Pacitan, Dr. Mukodi, M.S.I. secara resmi menutup serangkaian kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) II pada Rabu (2/11/2022) di Aula STKIP PGRI Pacitan.

Perwakilan praktikan, Rahmat Dani, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, baik Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), panitia, maupun pihak sekolah. Berkat bimbingan semua, maka praktikan dapat menyelesaikan PPL II  dengan baik. Masukan yang diberikan kepada panitia adalah waktu yang dirasa masih terlalu singkat.

“Praktikan ditarik saat nyaman-nyamannya berada di sekolah. Sehingga waktu di sekolah sebaiknya ditambah,”kata Rahmat.

Ketua panitia PPL II sekaligus Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), Sugiyono, M.Pd. melaporkan hasil respon praktikan selama pelaksanaan PPL II.

Sebanyak 150 peserta yang tersebar di 10 Sekolah Dasar dan 8 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 4 dinyatakan  belum lulus dan harus mengulang. Hal ini karena praktikan mengalami berbagai kendala saat pelaksanaan PPL II.

Semua peserta menyatakan pelaksanaan PPL II di sekolah penting dan sangat penting. Sehingga harus tetap dilaksanakan dan wajib bagi semua mahasiswa di Kampus Pendidik.

Pada penutupan PPL II ini juga diumumkan penghargaan kepada 6 kelompok untuk kategori bidang profesional, bidang pedagogi, bidang sosial, bidang kepribadian, bidang progresif, dan bidang inovasi.

Kategori bidang professional diraih oleh kelompok SMKN I Ngadirojo dengan DPL, Bakti Sutopo, M.A., bidang pedagogi diraih oleh kelompok SMKN Kebonagung dengan DPL, Samsul Hadi, M.Pd., bidang sosial diraih oleh kelompok SD Bangunsari, DPL  Dr. Sri Pamungkas, M.Hum., bidang kepribadian diraih oleh SDN 2 Hadiwarno, DPL Afid Burhanuddin, M.Pd., bidang progresif diraih kelompok SMKN 2 Pacitan, DPL Khoirul Qudsiyah, M.Pd., dan bidang inovasi diraih kelompok SDN 2 Gunungsari dengan DPL Lina Erviana, M. Si.

Dr. Mukodi, M.S.I. dalam sambutan penutupan mengucapkan selamat kepada semua praktikan, DPL dan panitia yang telah menyelenggarakan PPL II dengan baik. Ketua STKIP PGRI Pacitan juga menyatakan siap untuk memberikan rekomendasi kepada praktikan di masing-masing sekolah yang membutuhkan tambahan tenaga pendidik dari STKIP PGRI Pacitan.

“Tentu menjadi hal yang membanggakan apabila sekolah tertarik dan siap menerima lulusan dari STKIP PGRI Pacitan berdasarkan kemampuan yang telah ditunjukkan selama pelaksanaan PPL II,”katanya.

Empat kompetensi yang dimiliki oleh praktikan, yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial diharapkan dapat menjadi bekal saat menjadi pendidik setelah lulus dari STKIP PGRI Pacitan.

“Selamat kepada semua peserta yang dinyatakan lulus dan tetap semangat untuk mahasiswa yang harus mengulang pada PPL II yang akan dating,”pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.