Ketua DPRD Pacitan Ikuti Pelatihan Kepemimpinan Penanggulangan Bencana dari BNPB

oleh -Dibaca 27 kali
Ketua DPRD Kabupaten Pacitan Ronny Wahyono mengikuti pelatihan kepemimpinan penanggulangan bencana dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang dilaksanakan BPSDM Jatim pada Rabu (2/11/2022) di Kota Surabaya. (Foto: Dok. Ronny Wahyono)

Pacitanku.com, SURABAYA – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pacitan Ronny Wahyono mengikuti pelatihan kepemimpinan penanggulangan bencana dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang dilaksanakan BPSDM Jatim pada Rabu (2/11/2022) di Kota Surabaya.

“Semoga membawa manfaat untuk kita semua dan khususnya warga Pacitan, aamin,”kata Ronny Wahyono seperti dikutip melalui akun facebooknya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa meminta Bupati Walikota bersama jajaran Forkopimda se-Jatim meningkatkan kewaspadaan dan mitigasi bencana di tengah dampak cuaca ekstrem dan potensi bencana hidrometeorologi.

Rakor kali ini mencari solusi komperehensif utamanya terkait penanganan bencana di saat cuaca ekstrim yang diikuti hydrometeorologi. Yang mana kondisi ini sangat memungkinkan terjadinya banjir bandang, longsor, tanah bergerak serta angin puting beliung.

Gubernur menjelaskan, paradigma penanggulangan bencana dengan mengedepankan langkah preventif menjadi sangat penting. Sebab, hal ini menjadi bagian dari langkah-langkah mitigasi bencana. Kesiapsiagaan, pencegahan dan membuka ruang yang lebih luas terhadap kegiatan-kegiatan pengurangan resiko bencana harus diterapkan.

Ke depan, kata Gubernur, tantangan terhadap pelaksanaan tugas upaya penangulangan bencana akan semakin berat jika tidak dilakukan mitigasi komprehensif..

“Untuk itu, pemantauan kondisi alam dan aktivitas terhadap potensi bencana pada daerah-daerah yang memiliki risiko tinggi perlu dilakukan secara terus-menerus dengan melibatkan semua pihak,”kata Gubernur.

No More Posts Available.

No more pages to load.