Warga dan Camat Sudimoro Apresiasi Produk FABA dari PT PLN Nusantara Power UBJOM Pacitan

oleh -Dibaca 1,505 kali

Pacitanku.com, SUDIMORO – Camat hingga warga Sudimoro mengapresiasi adanya produk Fly Ash Bottom Ash (FABA) yang dihasilkan dari PT PLN Nusantara Power UBJOM Pacitan.

Camat Sudimoro, Khemal Pandu Pratikna saat Sosialisasi dan pengenalan produk FABA pada Kamis (27/10/2022) di Sudimoro mengucapkan terima kasih karena FABA sudah banyak membantu warga.

Salah satunya renovasi rumah warganya yang menggunakan dinding dari batako yang dicampur dengan FABA. Termasuk bantuan saat terjadi bencana longsor yang ada di wilayahnya.

“Terima kasih sudah PT PLN-NP atas bantuannya selama ini ke kecamatan Sudimoro khususnya. Apalagi saat bencana akhir-akhir ini. Sedikit saran untuk menepis isu Kesehatan terkait FABA, mungkin bisa dilakukan dengan pembangunan Pustu desa Karangmulyo yang kemarin terampak longsor,”kata Khemal.

Sementara itu, Sekretaris Dinas PUPR Pacitan, Yudho  Tri Kuncoro juga turut mengapresiasi usaha yang dilakukan oleh PT PLN-NP dalam mengolah FABA, utamanya produk dalam bidang infrastruktur.

Pihaknya menyambut positif dan terus melakukan kajian mandalam guna meyakinkan kemampuan FABA. Hanya saja, ia masih menunggu aturan terkait penggunaan FABA di proyek yang menggunakan APBD.

“Sebelumnya terima kasih karena PT PLN-NP sudah membantu kami saat bencana akhir akhir ini dengan menyuplai FABA untuk mengisi sandbag saat stok pasir menipis. Untuk FABA sendiri secara prinsip kami mengakui efeisiensinya, tetapi semoga segera keluar aturan dari pusat supaya penggunaannya bisa lebih maksimal,”kata Yudo.

Sementara, salah satu warga, Anton mengungkapkan FABA membantu untuk mengurnagi biaya produksi dan operasional.

Anton yang juga owner UD Tiga Putra sendiri telah selama 6 bulan terakhir menggunakan FABA sebagai campuran batako dan paving miliknya.

“Alhamdulillah FABA sangat membantu kami, selain mengurangi biaya produksi, juga bisa mengurangi biaya operasional, karena produk kami bisa lebih cepat kering. harga jual kami menjadi lebih murah. Seiring berjalan waktu permintaan pelanggan kami menjadi lebih banyak,”kata Anton.

Sebelumnay diberitakan, dalam rangka peringatan Hari Listrik Nasional ke-77 tahun 2022 dilaksanakan PT PLN-NP menggelar sosialisasi sekaligus memperkenalkan produk olahan atau turunan dari limbah Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang disebut dengan Fly Ash Bottom Ash (FABA).

Sosialisasi dan pengenalan produk ini dihadiri oleh beberapa stake holder diantaranya Dinas Lingkungan Hidup, Dinas PUPR, Dinas Pertanian, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Pacitan, Kodim 0801/ Pacitan, Polres Pacitan, Forkopimcam, BPPD dan perwakilan UMKM.

PT PLN-NP sendiri sudah terlebih dulu mengimplementasikan FABA ini menjadi banyak turunan produk. Ada batako, paving block, batu bata, sampai pupuk kompos.