Peringati Hari Listrik Nasional, PT PLN Nusantara Power UBJOM Pacitan Kenalkan Produk FABA

oleh -Dibaca 1,306 kali

Pacitanku.com, SUDIMORO — Peringatan Hari Listrik Nasional ke-77 tahun 2022 dilaksanakan berbeda oleh PT PLN Nusantara Power UBJOM Pacitan pada Kamis (27/10/2022).

Usai melakukan upacara peringatan, kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi sekaligus memperkenalkan produk olahan atau turunan dari limbah Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang disebut dengan Fly Ash Bottom Ash (FABA).

Sosialisasi dan pengenalan produk ini dihadiri oleh beberapa stake holder diantaranya Dinas Lingkungan Hidup, Dinas PUPR, Dinas Pertanian, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Pacitan, Kodim 0801/ Pacitan, Polres Pacitan, Forkopimcam, BPPD dan perwakilan UMKM.

PT PLN-NP sendiri sudah terlebih dulu mengimplementasikan FABA ini menjadi banyak turunan produk. Ada batako, paving block, batu bata, sampai pupuk kompos.

Dimana pupuk kompos yang dihasilkan memiliki kandungan silica tinggi, kandungan yang bermanfaat untuk salah satunya kesuburan tanah. Saat ini, PT PLN-NP juga sedang mengajukan ijin produksi masal.

General Manager PLN-NP UBJOM Pacitan, Dwi Juli Harsono menjelaskan manfaat FABA untuk pertanian dan perkebunan sudah terbukti sangat baik.

Menurut Dwi, berdasarkan hasil yang telah dianalisa oleh Badan Litbang Kementerian Pertanian, dan berberapa kajian serta praktek lapangan yang di lakukan oleh PLN-NP Pacitan dan PLN Group, produk FABA tersebut menunjukkan hasil yang positif.

“Dengan kandungan silika yang tinggi, sehingga bermanfaat untuk kesuburan tanah, Semoga dalam waktu dekat perijinan sedang kami ajukan dan dapat segera terbit sehingga kami bisa meningkatkan pemanfaatan FABA untuk mendukung ketahanan pangan,” jelas Dwi.

Lebih lanjut, Dwi mengatakan produksi FABA yang banyak membuat PT PLN-NP terus mengembangkan produk yang bisa dubuat dan mendorong masyarakat untuk memanfaatkannya.

Dwi mengatakan PLTU Pacitan sendiri sudah mencontohkan dengan membangun sarana olahraga untuk karyawan menggunakan material yang dicampur dengan FABA.

“Masyarakat bisa mendapatkan FABA ini secara GRATIS. Tinggal ajukan permohonan, lalu akan kami tinjau lapangan. Jika memenuhi persayaratan akan kami sediakan sesuai kebutuhan dan hasil tinjauan lapangan,”pungkasnya.