Bupati dan Kadinkes Pacitan Temui Warga yang Keluhkan Pembangunan Labkesda

oleh -Dibaca 1,073 kali
BERTEMU BUPATI. Warga Baleharjo berdialog dengan Bupati membahas tentang pembangunan Labkesda pada Kamis (20/10/2022). (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Sejumlah warga di lingkungan Purwoharjo, Kelurahan Baleharjo, Kecamatan Pacitan mempersoalkan pembangunan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Pacitan.

Untuk itu, mereka bertemu dengan Bupati dan Kepala Dinas Kesehatan Pacitan mempertanyakan terkait pengerjaan Gedung tersebut pada Kamis (20/10/2022).

Salah satu warga setempat, Maryanto mengaku ketakutan di belakang rumahnya tiba-tiba ada cerobong asap.

Dia menyarankan agar kedepan perlu ada studi banding yang diikuti oleh warga untuk mengetahui sistem kerja dari perangkat yang ada serta dampak apa yang mungkin timbul dari laboratorium tersebut.

“Kami kaget pak tiba-tiba di belakang rumah kok ada alat besar (cerobong udara) dan itu menakutkan bagi kami,”jelasnya.

Terkait dengan keluhan warganya itu, Bupati meminta maaf karena minimnya sosialisasi yang membuat warga kebingungan.

“Ini hal yang wajar menurut saya ketika ada pembangunan dengan teknologi yang baru perlu ada sosialisasi,” Kata Bupati.

Bupati juga meminta warga untuk mengawal pembangunan Labkesda yang dibawah naungan Dinas Kesehatan Pacitan itu.

“Jadi yang disampaikan kepda warga sebelum beroperasi mari kita kawal bareng-bareng pembangunan labkesda ini agar pembangunan, melayani masyarakat lah seluruh pacitan yang kebeulan tempatnya di labkesda yang sudah ada fungsinya,”imbuh Bupati.

Sementara, Kadinkes Pacitan Trihariadi Hendra Purwaka mengakui sosialisasi pembangunan Labkesda ini yang belum diterima masyarakat.

“Kemudian ada cerobong-cerobong yang awalnya membuat warga ketakutan dikiranya cerobong asap, padahal itu adalah cerobong sirkulasi udara, intinya memang kejelasan pembangunan ini sosialisasinya barangkali belum diterima masyarakat,”jelas dr Hendra.

Sementara, lokasi pembangunan sendiri sudah sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Perbup. Selain itu, keberadaan Labkesda sendiri, kata dr Hendra, adalah untuk Kesehatan lingkungan, air, makanan dan peningkatan fungsi dari Gedung sebelumnya.

Labkesda sendiri merupakan pengembangan dari kantor malaria yang akhirnya berkembang menjadi UPT Labkesda Dinas Kesehatan Pacitan. Sebagai laboratorium penelitian, Labkesda sangat penting keberadaanya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.