Dinsos Pacitan Buka Dapur Umum dan Salurkan Ratusan Nasi Bungkus untuk Korban Banjir Sidoharjo

oleh -0 Dilihat
DAPUR UMUM. Tagana Dinsos Pacitan membuka dapur umum untuk korban banjir di wilayah Pacitan kota pada Rabu (12/10/2022). (Foto: Dinsos Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Dinas Sosial Kabupaten Pacitan bersama Taruna Siaga Bencana (Tagana) Dinsos Pacitan pada Rabu (12/10/2022) malam membuka dapur umum di Kantor Dinas Sosial Kabupaten Pacitan untuk kemudian di berikan warga Bleber, Kelurahan Sidoharjo, Pacitan yang terdampak banjir.

Kepala Dinsos Pacitan Sumorohadi mengatakan dibukanya dapur umum atas arahan dan perintah langsung dari Sekretaris Daerah Kabupaten Pacitan Heru Wiwoho Supardi Putra.

Baca juga: Tinjau Warga Terdampak Banjir Pacitan, Bupati Pastikan Prioritaskan Penuhi Kebutuhan Pokok Warga

Sumorohadi mengungkapkan, dapur umum Dinsos Pacitan membagikan kurang lebih 350 nasi bungkus untuk warga Bleber yang mulai disalurkan pada Rabu malam.

SALURKAN NASI BUNGKUS. Bupati menyalurkan nasi untuk warga korban banjir di lingkungan Bleber Sidoharjo pada Rabu (12/10/2022) malam. (Foto: Dok. Instagram Indrata Nur Bayuaji)

“(Rabu) tadi siang kami bersama Sekda monitoring ke bleber. Warga disana tidak bisa memasak, sehingga meminta bantuan ke Dinsos. Sesuai arahan, Dinsos mempersiapkan segala kebutuhan seperti nasi bungkus bersama Tagana,”ujar Sumorohadi, mengutip laman Instagram Dinsos Pacitan.

Tak kurang dari 150 rumah warga di lingkungan Bleber, Kelurahan Sidoharjo, Kabupaten Pacitan, terendam banjir sejak rabu (12/10/2022) pagi.

Hal itu diakibatkan curah hujan yang tinggi di kawasan tersebut sejak Selasa (11/10/2022) yang mengakibatkan tanggul jebol dan air meluap.

Pada Rabu sore genangan air surut seiring hujan yang mulai reda. Namum, beberapa lokasi masih menggenang akibat rendahnya dataran. Seperti yang terjadi di Lingkungan Bleber Kelurahan Sidoharjo.

Kondisi ini semakin parah setelah tanggul parit setempat jebol. Untuk mempercepat surutnya air, warga terpaksa menjebol pembatas parit pada sisi terendah.

Selain itu, juga diupayakan penyedotan air dengan menggunakan mesin pompa. Selain Lingkungan Bleber Kelurahan Sidoharjo genangan air juga terjadi di Lingkungan Ngampel Kelurahan Ploso. Bedanya, ketinggian air tidak separah di Sidoharjo.

No More Posts Available.

No more pages to load.