Bupati Pacitan Pantau dan Ingin Pastikan Penyaluran BLT BBM Tepat dan Lancar

oleh -Dibaca 1,120 kali
PANTAU PENYALURAN BLT. Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji memantau penyaluran BLT BBM pada Selasa (13/9/2022). (Foto: Dok. Prokopim Pacitan)

Pacitanku.com, BANDAR – Pemerintah secara bertahap mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak (BLT BBM) bersubsidi kepada masyarakat.

Bantuan akan diterimakan selama 4 bulan mulai bulan September hingga Desember 2022 dengan besaran nominal Rp150 ribu untuk masing-masing keluarga penerima manfaat (KPM) per-bulan.

Di Kabupaten Pacitan, penyaluran BLT BBM mulai berjalan di beberapa desa di masing-masing kecamatan sejak awal bulan ini.

Sesuai petunjuk teknis, penyaluran terbagi dalam dua tahap yakni bulan September dan akhir November 2022.

Guna memastikan kelancaran, Selasa (13/09/2022) Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji melakukan pemantauan langsung penyaluran BLT di lapangan.

Kali ini orang nomor satu di Pacitan itu memantau penyaluran BLT di wilayah Kecamatan Bandar. Salah satunya, di Desa Petungsinarang. Di wilayah tersebut terdapat 221 keluarga penerima manfaat BLT BBM.

“Ini bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat. Hanya pesan saya, jangan dibelikan pulsa semuanya. Silahkan digunakan untuk kebutuhan yang lebih bermanfaat,”kata Bupati, mengutip siaran pers Prokopim Pacitan.

Selain untuk memenuhi kebutuhan pokok, Bupati menyarankan masyarakat penerima BLT untuk memanfaatkan uang yang diterimanya untuk hal-hal yang produktif.

Semisal, dibelikan hewan ternak yang harapannya dapat berkembang sehingga dapat menjadi sumber ekonomi keluarga.

Selepas dari Desa Petungsinarang, Mas Aji memantau pelaksanaan penyaluran program bantuan PKH Plus serta BLT Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) di Pendopo Kecamatan Bandar serta penyaluran BLT BBM di Desa Kemuning Kecamatan Tegalombo.

Berbeda dengan BLT BBM yang penyalurannya melalui Kantor Pos, untuk BLT DBHCHT penyaluran dilakukan melalui Bank Jatim.