Damhudi Terpilih Jadi Ketua HNSI Pacitan, Wabup Gagarin Harapkan Mampu Wadahi Aspirasi Nelayan

oleh -Dibaca 1.051 kali
WADAHI ASPIRASI NELAYAN. Wabup Gagarin menghadiri pelantikan DPC HNSI Pacitan yang merupakan hasil dari Musyawarah Cabang DPC HNSI Kabupaten Pacitan, Rabu (14/9/2022). (Foto: Dok. Prokopim Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Tokoh nelayan yang juga mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pacitan Damhudi kembali terpilih sebagai Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kebupaten Pacitan periode 2022-2027.

Pelantikan DPC HNSI Pacitan yang merupakan hasil dari  Musyawarah Cabang DPC HNSI Kabupaten Pacitan tersebut digelar pada Rabu (14/9/2022) di Pacitan.

Wakil Bupati Pacitan Gagarin dalam sambutannya mengatakan Kabupaten Pacitan memiliki potensi kelautan dan perikanan yang besar serta prospektif untuk dikembangkan. Kurun waktu 5 tahun terakhir pertumbuhan produksi perikanan tengkap mencapai 3,8 persen dengan jumlah produksi pada tahun 2021 sebesar 12 ribu ton.

Dengan jumlah nelayan terdata sebanyak 3.300 orang yang merupakan nelayan kecil, dengan jumlah armada sebanyak 1.600 kapal.

”Artinya potensi perikanan yang sangat besar tersebut harus dapat dikelola secara baik serta meletakkan nelayan pada garda terdepan dalam pemanfaatan hasil-hasil laut mulai dari hulu sampai hilir,”kata Wabup Gagarin, mengutip siaran pers Prokopim Pacitan.

Dengan potensi dan prospek yang besar tersebut, kehadiran HNSI Pacitan diharapkan mampu sebagai kekuatan organisasi nelayan dalam melaksanakan pembangunan bidang kelautan dan perikanan untuk meningkatan kemandirian ekonomi masyarakat.

”Salah satu tujuan dibentuknya HNSI adalah sebagai wadah untuk menampung aspirasi para nelayan. Oleh karena itu kami berharap HNSI Kabupaten Pacitan dapat berperan aktif dalam menghimpun aspirasi nelayan,”imbuhnya lagi.

Dalam kesempatan itu, Wabup Gagarin juga mengajak semua pihak untuk selalu menjaga kelestarian ekosistem laut.

Selain itu, kawasan pesisir dan lautan sangatlah dinamis sehingga tidak hanya memiliki potensi sumber daya, tetapi juga memiliki potensi bagi pengembangan berbagai aktivitas pembangunan yang lain seperti wisata bahari, industi maritim, jasa angkutan dan lain sebagainya.