Sejumlah Website OPD Pemkab Pacitan Sempat Sulit Diakses, Kominfo Jelaskan Penyebabnya

oleh -3 Dilihat
Website OPD di Pemkab Pacitan susah diakses. (Foto: Tangkapan layar)

Pacitanku.com, PACITAN – Beberapa hari terakhir, sejumlah laman website milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan susah diakses.

Bahkan website Pemkab Pacitan sempat down dan tidak bisa diakses untuk beberapa waktu. Selain itu, sejumlah website OPD lain di Pacitan juga lemot saat diakses masyarakat.

Sejumlah situs milik OPD Pemkab Pacitan yang hingga berita ini sulit diakses diantaranya adalah website milik Dinkes Pacitan dengan alamat https://dinkes.pacitankab.go.id/. Kemudian juga website milik Kominfo dan BPBD Pacitan, masing-masing di alamat url https://kominfo.pacitankab.go.id/ dan bpbd.pacitankab.go.id/.

Terkait persoalan tersebut, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pacitan Bambang Marhaendrawan menyampaikan persoalan itu dikarenakan masih ada pembenahan, baik dari sistem maupun hardwarenya.

“Ada pembenahan, sehingga take down website yang ada di Pacitan, baik dari sisi sistem maupun dari sisi hardwarenya,”kata Bambang saat dikonfirmasi awak media pada Kamis (1/9/2022).

Lebih lanjut, Bambang mengatakan persoalan sempat lemot dan suksesnya layanan informasi masyarakat berbasis online itu juga dikarenakan ada catu daya tidak normal.

“Beberapa penyebab diantaranya kemarin karena catu daya yang tidak normal, ada listrik mati, kemudian juga ada sarana prasarana yang memang sudah harus dilakukan peremajaan,”jelasnya.

Kadiskominfo memastikan persoalan akses web yang sempat sulit tersebut akan dilakukan perbaikan secepatnya. “Insyaallah secepatnya (kembali normal),”tandas dia.

Kadiskominfo memastikan, Pemkab Pacitan akan memberikan pelayanan masyarakat berbasis elektronik lebih meningkat.

“Pemkab Pacitan berkomitmen dalam rangka bagaimana sistem pemerintahan berbasis elektronik di Kabupaten Pacitan untuk lebih menjadi lebih meningkat,”pungkasnya.