Cerita Anke Bisnis Buket Bunga dengan Sasaran Anak Sekolah Hingga Mahasiswa

oleh -Dibaca 535 kali

Pacitanku.com, PACITAN – Ada banyak cara memberikan hadiah untuk yang terkasih contohnya memberikan hadiah berupa buket bunga, snack, boneka dan lain-lain.

Buket adalah salah satu alternatif untuk memberikan hadiah yang banyak digemari oleh orang-orang. Karena membuat buket itu ribet, akhirnya banyak yang menjadikan buket sebagai ide usaha.

Seperti halnya usaha yang digeluti kak Anke Irena Erianti. wanita yang akrab disapa Anke ini memulai usaha buket sekitar 2 tahun, sejak awal pandemi 2020.

“Awalnya karena aku lihat di Solo tuh kalo ada acara sidang atau wisuda banyak yang jual buket. Apalagi, pas 2020 itu kan pandemi, pasti kegiatan seperti sidang, wisuda itu bakalan online dari rumah,”kata Anke saat ditemui baru-baru ini.

“Nah sedangkan di Pacitan sepertinya penjual buket masih jarang. Jadi ada peluang besar kalau bikin usaha jual buket di Pacitan,”imbuhnya.

Lebih lanjut, Anke memulai usahanya sendirian dari awal sampai sekarang dengan bermodalkan mencari sumber referensi dan menawarkan hasil buketnya kepada teman-temannya.

Anke sendiri saat ini menjalankan usahanya di rumah yang beralamatkan di RT 02 RW 09 Jaten, Sidoharjo, Pacitan dan menggunakan media sosial instagram dengan nama @sebuket.pct untuk tempat promosi usaha buketnya.

“Untuk harga setiap buket yang dibuat sekitar Rp 20 ribu sampai Rp 50 ribu, hanya untuk bahan dan jasa, untuk isian buket disesuaikan budget dari customer. Sasaran pemasaran buket ini dari berbagai kalangan semisal untuk wisuda anak sekolah atau hadiah untuk mahasiswa yang menjalankan sidang skripsi,”jelas dia.

Dari hasil jualan buket itu, Anke mengaku omzet dari usaha buket terbilang tidak menentu, namun cukup lumayan untuk didapat.

“Wahh tidak tentu (omzetnya), kisaran Rp 100 ribu sampai Rp 900 ribu, tergantung banyaknya orderan, (orderan kami) masih sedikit hehe,”ujarnya.

Ketika ditanya suka dan duka dari menjalankan usaha buket ini, kak Anke mengungkapkan bahwa sukanya saat customer merasa puas dan kembali order. Untuk dukanya saat customer menawar harga yang sudah ditentukan.

“Harapannya, semoga aku bisa lebih fokus dengan usaha ini, semoga bisa berkembang, bisa menghasilkan produk yang kualitasnya makin bagus dan makin banyak pelanggan,”pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.