Berawal dari Keinginan Turut Andil Sikapi Persoalan Remaja, Rizky SMKN 2 Pacitan Sukses Juara 1 Duta GenRe 2022

oleh -Dibaca 2,477 kali
Rizky Rahmawati sukses menjadi juara 1 kategori putri Pemilihan GenRe Kabupaten Pacitan 2022 di Pendopo Kabupaten Pacitan pada Sabtu, 6 Agustus 2022 (Dok. PIK-R Abhinaya SMKN 2 Pacitan for Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Menjadi pelajar berprestasi adalah keinginan semua pelajar, salah satunya adalah Rizky Rahmawati.

Rizky yang saat ini masih duduk di kelas XII Manajemen Perkantoran Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Pacitan sukses menjadi Juara 1 Kategori Putri dalam ajang favorit Pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) Kabupaten Pacitan Tahun 2022 di Pendopo Kabupaten Pacitan pada Sabtu (6/8/2022) lalu.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana (PPKB) dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Pacitan diikuti sebanyak 61 putra putri remaja terbaik Kabupaten Pacitan dan terpilih sebanyak 20 peserta finalis yang masuk kedalam tahap Grand Final.

Dalam Pemilihan Duta GenRe Kabupaten Pacitan Tahun 2022 Rizky Rahmawati unggul atas siswa SMAN 1 Pacitan, Naisa Tricilia Syahrani yang berada di posisi kedua. Adapun peringkat ketiga diraih oleh Novela Riyani dari SMKN Ngadirojo.

Rizky mengatakan keikutsertaan dalam Duta GenRe Pacitan berawal dari kesadaran diri dan keinginan melangkah maju untuk turut andil dalam menyikapi permasalahan remaja. Kasus remaja itu diantaranya seperti kasus pernikahan dini, seks pra nikah, mental health dan isu remaja lainnya di Kabupaten Pacitan.

Kondisi itu membuat perempuan berusia 17 tahun tersebut tergerak untuk mengikuti ajang pemilihan Duta GenRe Kabupaten Pacitan.

Selain itu, adanya dorongan dan support dari berbagai pihak membuat Rizky semakin yakin turut serta dalam ajang bergengsi ini.

“Tentunya saya bangga dan sangat bersyukur karena sampai saat ini masih diberikan kesempatan untuk mengemban amanah,”katanya, baru-baru ini.

Rizky mengatakan bahwa proses tidak akan mengkhianati hasil. Salah satu kunci yang dilakukannya adalah berkolaborasi dengan kakak tingkat yang jauh lebih dewasa dan berwawasan luas.

“Hal itu membuat saya terdorong untuk ikut berkontribusi dalam memberikan inspirasi kepada remaja di Pacitan demi mewujudkan remaja yang berkualitas,” kata Rizky.

Berbagai proses seleksi Rizky ikuti mulai dari tahap pendaftaran, tes tulis, tes presentasi paper yang selanjutnya membuat konten edukasi 3 Days Challenge, hingga masuk dalam tahap karantina selama 3 hari berturut-turut di Dinas PPKB dan PPPA Kabupaten Pacitan. Tahap Grand Final menjadi babak terakhir selama proses seleksi tersebut.

Usai meraih hasil maksimal di ajang tersebut, Rizky juga berpesan kepada seluruh remaja Pacitan untuk berproses menjadi pemenang yang sesungguhnya.

“Jangan mudah terpengaruh dengan hal-hal negatif yang dapat membawamu terpeleset ke jurang kegagalan. Banggakan orang tuamu dan ingatlah masa depan harus kamu kejar sebelum terlambat. Jadilah remaja hebat yang memberikan kebermanfaatan untuk orang lain,”pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.