PHRI Touring ke Watukarung, Pacitan dan Gunungkidul Sinergi Kembangkan Pariwisata

oleh -Dibaca 406 kali
Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengadakan lawatan ke Pantai Watukarung, Kecamatan Pringkuku pada Selasa (9/8/2022). (Foto: Danur Suprapto)

Pacitanku.com, PRINGKUKU – Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengadakan lawatan ke Pantai Watukarung, Kecamatan Pringkuku pada Selasa (9/8/2022).

Dalam lawatan bertajuk “Touring Guyub Sesarengan BPC PHRI GUnungkidul, Ora Smiling, Ayo Healing Ben Ra pusing” itu, dihadiri 120 peserta yang mengendarai 33 kendaraan roda dua dan 18 Kendaraan roda empat.

Hadir dalam kegiatan ini Ketua PHRI Gunungkidul Sanyoto, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul Mohammad Arif Aldian, Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Pacitan Turmudi, Kepala Desa Watukarung Wiwid Pheni Dwiantari dan Pokdarwis Watukarung.

Ketua PHRI Gunungkidul Sanyoto mengatakan kegiatan ini adalah bentuk kegiatan rutin dalam agenda tahunan.

“Kali ini memang memilih tempat yang ada di wilayah kabupaten Pacitan, bertujuan membangun sinergitas pengembangan wisata  dan  membangun jalur komunikasi Antar daerah wisata yang ada di area Pawonsari,”kata dia.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Mohammad Arif Aldian mengatakan Pacitan dan Wonosari memiliki kesamaan kultur Mataraman yang mana memiliki tradisi dan latar belakang budaya yang sangat dekat. Selain itu, secara  territorial, kedua daerah ini juga memiliki kedekatan.

“Wonosari dan Pacitan sangat dekat sekali dari berbagai hal, baik itu budaya tradisi, jarak dan wisata alamnya banyak kemiripan, dengan adanya kegiatan semacam ini berharap terjadi komunikasi berkelanjutan, saling bahu membahu memajukan daerah wisata kedepannya,”jelasnya.

Gayung bersambut, Kepala Disparbudpora Pacitan Turmudi mengapresiasi dan merasa sangat bangga dengan adanya sinergitas seperti ini.

“Pertama, kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya kali ini, yang selanjutnya Pacitan dan Wonosari Gunungkidul dalam bingkai Pawonsari, yang mana dahulu pernah mengalami masa kemajuan yang sangat luar biasa,”kata Turmudi.

Menurut Turmudi, saat ini menjadi momentum lebih baik lagi bahwa memajukan daerah wisata tidak bisa sendiri sendiri.

“Dengan cara kolektif dan kebersamaan, maka hasilnya pun akan lebih maksimal,”tegasnya.

Senada dengan Turmudi, Kades Watukarung Wiwid mengaku bahagia bahwa Pantai Watukarung telah dipilih sebagai tempat kegiatan dari PHRI Kabupaten Gunungkidul dan dihadiri berbagai tokoh kawakan wisata.

“Yang kedua kami berharap kedepannya sinergitas memajukan wisata kedaerahan saling berkesinambungan,”harapnya.

Sri, salah satu peserta yang tergabung dalam kegiatan ini mengatakan poin kegiatannya  adalah Healing sekaligus studi banding. Juga peningkatan wawasan kepariwisataan dan tentunya  penambahan knowledge serta peningkatan kualitas human resource.