Capaian Masih Minim, Pacitan Gelar Pekan Vaksinasi Booster

oleh -Dibaca 1.240 kali
Bupati saat memberikan pengarahan dalam Rapat Persiapan Pekan Vaksinasi Booster di gedung Karya Dharma, Senin (25/7/2022). (Foto: Dok. Prokopim Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan segera melakukan upaya percepatan melalui program pekan vaksinasi booster awal Agustus mendatang.

Untuk saat ini vaksinasi booster di Pacitan baru mencapai 18,49 persen. Capaian yang timpang dibanding dengan capaian vaksinasi dosis 2 yang sudah mencapai 81,52 persen.

“Jika dulu kita dituntut segera vaksin namun tantangannya vaksinnya kadang ada kadang terlambat namun kini setelah kondisinya melandai vaksinnya ada masyarakatnya yang sulit dan ini menjadi tugas kita semuanya untuk mengingatkan dan menyadarkan masyarakat,” ungkap Bupati saat memberikan pengarahan dalam Rapat Persiapan Pekan Vaksinasi Booster di gedung Karya Dharma, Senin (25/7/2022) mengutip siaran pers Prokopim Pacitan.

Bupati mengingatkan meskipun kasus COVID-19 di Kabupaten Pacitan relatif landai namun jangan sampai abai.

Menurut dia, membaiknya kondisi ini justru harus ditunjang dengan capaian vaksinasi booster yang seimbang. Orang nomor satu di Pacitan itu minta perhatian semua pihak serta saling bersinergi menyukseskan pekan vaksinasi booster tersebut.

“Saya melihat banyak even di masyarakat yang melibatkan banyak massa mungkin hal itu bisa dimanfaatkan untuk melakukan booster asalkan berkoordinasi dengan baik,”kata dia.

Pekan Vaksinasi Booster akan berlangsung 1 hingga 7 Agustus 2022. Dalam sepekan melakukan gerakan bersama diharapkan mampu mencapai target vaksinasi booster hingga 45 persen dan atau mencapai target sama dengan dosis 2 di akhir bulan September.

“Selama sepekan kita akan ada kegiatan vaksinasi booster semoga akan bisa kita laksanakan dan target 45 persen dapat tercapai,”kata Kepala Dinas Kesehatan Pacitan Hendra Purwaka.

Sebagai upaya percepatan vaksinasi COVID-19 dosis booster, Dinas Kesehatan Pacitan telah menyiapkan beberapa langkah.

Diantaranya, pelayanan vaksinasi di pos vaksin per-puskesmas, Urkes Polres setiap hari di jam kerja, pelaksanaan pekan vaksinasi booster tanggal 1-7 Agustus di gedung Karya Darma serta layanan kunjungan lapangan.

Rapat Persiapan Pekan Vaksinasi Booster diikuti oleh Camat, Kepala Puskesmas, Kapolsek dan Danramil se-Kabupaten Pacitan.