AHY: Umat Islam Memiliki Peranan Penting Membangun Toleransi

oleh -Dibaca 949 kali
SEMANGAT BERBAGI. AHY didampingi Ibas dan Andi Mallarangeng saat usai Sholat Idul Adha di Pacitan pada Ahad (10/7/2022). (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengikuti serangkaian agenda hari raya Idul Adha 1443 H di kampung halamannya di Pacitan.

Pada Sabtu (9/7/2022) malam, AHY mengikuti takbir keliling bersama puluhan ribu santri Pondok Tremas, Desa Tremas, Kecamatan Arjosari, Pacitan.Keesokan harinya, putra sulung Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini mengikuti sholat Idul Adha bersama ribuan jamaah di Masjid Agung Darul Falah (MADF) Pacitan.

Dalam kesempatan itu, AHY yang ditemui awak media usai pelaksanaan Sholat Idul Adha mengapresiasi pelaksanaan takbir keliling yang diselenggarakan di Pondok Pesantren Tremas Arjosari.

“Kami ke pondok Tremas Arjosari, senang sekali bisa menyapa 10 ribu dan mungkin lebih ribu, bukan hanya santriwati yang ada di pondok Tremas, tetapi juga masyarakat yang di sekitar Ajorsari datang dari berbagai penjuru kemudian memperingati Idula Adha tersebut dengan melakukan takbir keliling seperti pawai dilepas dengan sukacita, sepanjang jalan kurang lebih 2 kilometer melakukan takbir dan itu semua sekali lagi menggelorakan semangat islami,”jelas AHY.

AHY juga memberikan kesan positif terhadap kegiatan takbir keliling Pondok Tremas tersebut. Dimana, kata dia, peserta takbir keliling menggelorakan semangat cinta tanah air dan Islam.

“Menariknya di sana juga digelorakan semangat cinta tanah air, islam kita Indonesia kita nasionalis religius, agama dan negara itu saling menguatkan,”tandas putra sulung Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini.

Nilai Islam dan kebangsaan yang saling terkait, kata AHY, sangat penting untuk dipahami generasi muda.

“Karena nilai-nilainya juga sangat fundamental ini penting dimengerti oleh generasi muda, jangan sampai semakin kita kesini semakin mudah dipecah belah, dibentur benturkan antar ideologi, negara dibenturkan dengan agama, islam dengan Pancasila, yang begitu-begitu harus kita cegah, karena Indonesia itu miliki kita semua, dan umat islam juga memiliki peranan penting membangun toleransi, sekaligus juga kebersamaan dengan sesama anak bangsa lainnya,”pungkasnya.

AHY mengikuti sholat Idul Adha bersama Anggota DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas), Sartono Hutomo, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, Ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono dan ribuan jamaah masjid Agung Darul Falah Pacitan.

Dalam kegiatan Sholat Idul Adha itu, bertindak sebagai khatib adalah Direktur Akademi Komunitas Negeri (AKN) Pacitan, Prof Joko Triyono. Sedangkan sebagai imam adalah Ustadz Yasfi Suryalfihro Al Ghozi Al Hafiz.

No More Posts Available.

No more pages to load.