Bupati Pacitan Harapkan Guru Bisa Beradaptsi dengan Perkembangan Zaman

oleh -Dibaca 991 kali
Bupati saat halal bihalal dan sarasehan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), di Cabang Ngadirojo, Selasa (31/05/2022). (Foto: Dok. Prokopim Pacitan)

Pacitanku.com, NGADIROJO – Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji mendorong para guru di Kabupaten Pacitan bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman. Hal itu disampaikan Bupati saat halal bihalal dan sarasehan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), di Cabang Ngadirojo, Selasa (31/05/2022).

Menurut Bupati, era digital seperti saat ini menuntut gerak cepat semua lini, tak terkecuali dalam dunia pendidikan.

Sehingga, kata Bupati, guru harus menjadi lebih adaptif terhadap perubahan jaman dan teknologi, dimana terjadi inovasi khususnya dalam hal digitalisasi yang menyebabkan perubahan secara cepat dan masif.

“Saya sangat beharap guru di bawah PGRI bisa beradaptasi dengan perkembangan jaman,”katanya mengutip siaran pers Prokopim Pacitan.

Lebih lanjut, Bupati menyampaikan pesan tersebut bukan tanpa alasan, mengingat era teknologi dan informasi saat ini selain karena kecepatan, perubahan perkembangannya pun juga sulit ditebak.

Situasi tersebut, kata dia, jelas membutuhkan penyesuaian yang cepat pula dari para guru.

“Indonesia termasuk Pacitan memiliki sumber daya alam yang luar biasa tinggal bagaimana sumber daya manusia yang kita punya bisa bergerak bersama memaksimalkan potensi tersebut,” katanya kembali.

Bupati juga menekankan pentingnya membentuk kualitas generasi penerus dengan sumber daya manusia (SDM) unggul. Dan semua itu merupakan beban yang harus ditanggung para guru.

Menurut Bupati, banyak contoh negara atau daerah yang memiliki keunggulan SDM justru bisa menjadi kekuatan meskipun dengan SDA yang terbatas.

Sarasehan yang dirangkaikan dengan acara halal bihalal merupakan agenda PGRI untuk dalam rangka membangun sinergi sesama para guru dibawah naungan PGRI.

Ini sesuai tema yang diusung, menebar silaturahim, menabur persahabatan, menguatkan organisasi, guru tangguh Indonesia tumbuh.