Masyarakat Mangunharjo Arjosari Terima Sertifikat Tanah Gratis

oleh -Dibaca 594 kali
Sebanyak 1.700 bidang tanah milik warga desa Mangunharjo telah tersertifikat melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dari kementerian ATR/BPN. (Foto: Dok. Prokopim Pacitan)

Pacitanku.com, ARJOSARI – Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji simbolis menyerahkan sertifikat tanah gratis kepada masyarakat Desa Mangunharjo Kecamatan Arjosari.

Tercatat, sebanyak 1.700 bidang tanah milik warga desa setempat telah tersertifikat melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dari kementerian ATR/BPN.

“Ingkang sampun pikantuk sertifikat mudah-mudahan bermanfaat. Menawi ajeng damel jaminan modal ugi sampun saget lan mugi-mugi usahanipun sukses,” kata Bupati, Selasa (31/5/2022) mengutip siaran pers Prokopim Pacitan.

Desa Mangunharjo sendiri menjadi satu satunya desa di Kecamatan Arjosari yang beruntung mendapatkan program PTSL 2022. Sedangkan seluruh Kabupaten Pacitan terdapat 7 desa yang mendapatkan program sertifikat gratis tersebut dengan jumlah bidang tanah mencapai 26.896.

PTSL adalah program sertifikasi tanah gratis dari pemerintah, hal ini dikarenakan masih banyaknya tanah yang belum bersertifikat.

Selain itu, lambatnya proses pembuatan sertifikat tanah selama ini menjadi perhatian pemerintah, sehingga melalui kementerian ATR/BPN diluncurkannya Program Prioritas Nasional yang berupa percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap tersebut.

Pembagian sertifikat tanah gratis PTSL di Desa Mangunharjo berlangsung meriah karena dirangkaikan dengan acara bersih desa.

Tidak hanya dihadiri oleh masyarakat setempat namun juga dari desa-desa tetangga. Acara bersih desa menampilkan gelar seni Jaranan yang merupakan budaya masyarakat setempat.