Ini Pesan SBY untuk Ribuan Anak Peserta Kegiatan Pacitan Menggambar

oleh -Dibaca 648 kali
Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengikuti kegiatan “Pacitan Menggambar” bersama 2000 seniman dan pelajar se-Kabupaten Pacitan pada Sabtu (21/5/2022) di kawasan Pantai Pancer Dorr, Kelurahan Ploso, Pacitan. (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengikuti kegiatan “Pacitan Menggambar” bersama 2000 seniman dan pelajar se-Kabupaten Pacitan pada Sabtu (21/5/2022) di kawasan Pantai Pancer Dorr, Kelurahan Ploso, Pacitan.

Dalam kesempatan itu, SBY juga sempat menceritakan dirinya semasa masih sekolah terlibat aktif dalam kegiatan seni.

“Dulu pak SBY waktu kelas SD, SMP dan SMA juga ikut sanggar seni, ikut mendirikan sanggar seni bersama teman-teman pak SBY sering melukis dari tempat ini sepanjang pantai Teluk Pacitan maupun di tempat- tempat lain,”kata SBY saat memberikan sambutannya.

Selain melukis, SBY menceritakan dirinya juga aktif dalam seni musik karena ikut main banda dan juga aktif membuat puisi.

“Aktif membuat puisi dalam bahasa jawa dan bahasa Indonesia, ikut seni wayang, seni drama. Pendek kata, Pak SBY waktu masih muda, remaja menggeluti dunia seni, juga olahraga karena sangat menyenangi, juga pelajaran akademik pada saat bersekolah,”papar SBY.

Dari pelajaran itu, SBY berpesan kepada anak-anak Pacitan, khususnya yang mengikuti kegiatan Pacitan menggambar untuk mengembangkan bakat melukisnya.

“Harus ada keseimbangan dalam hidup ini, oleh karena itu teruslah mengembangkan bakat melukis anak-anakku, dan siapapun yang ingin menjadi pelukis maupun seniman yang unggul, handal dan terkenal, karena hanya dengan praktek menggambar dan melukis lah pada saatnya akan menjadi pelukis, seniman dan budayawan,”jelasnya.

Menurut SBY, melukis itu tidak hanya dipelajari, tapi harus dipraktekkan.

SBY kemudian menceritakan dirinya yang sampat absen tidak melukis selama setengah abad setelah sebelumnya aktif di dunia seni saat SMA.

“Pak SBY sendiri setelah dulu hingga SMA sekali-kali menggambar dan melukis, selama 50 tahun atau setengah abad tidak pernah lagi melukis, karena dulu menjadi tentara selama 30 tahun dan hampir 20 tahun di pemerintahan,”tandasnya.

Setelah pension dari Pemerintahan, SBY menceritakan dirinya mulai aktif kembali menekuni hobi lamanya tersebut.

“Setelah pensiun dari pemerintahan mulai bulan Mei tahun lalu kurang lebih setahun 2021 pak SBY mulai belajar melukis, ini yang saya lukis berarti setelah belajar kurang lebih satu tahun, masih terus belajar karena masih banyak kekurangan dan harus menguasai teknik melukis yang lebih baik,”pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya di Pacitanku.com, 2000 seniman dan pelajar di Kabupaten Pacitan mengikuti kegiatan menggambar bersama SBY. Pacitan menggambar sendiri menjadi acara puncak kegiatan SBY dalam agenda pulang kampung di Pacitan sejak Jumat (13/5/2022) lalu.

Turut hadir bersama SBY adalah Anggota DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) yang juga putra bungsu SBY, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji dan Wakil Bupati Gagarin.

No More Posts Available.

No more pages to load.