Catat! Ini Ciri-ciri Ternak yang Terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku Menurut Dokter Puskeswan Pacitan

oleh -Dibaca 520 kali
Rizky Rohmah Armiani yang merupakan dokter hewan Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Pacitan membeberkan sejumlah ciri-ciri ternak yang terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). (Foto: Sulthan Shalahuddin)

Pacitanku.com, PACITAN – Rizky Rohmah Armiani yang merupakan dokter hewan Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Pacitan membeberkan sejumlah ciri-ciri ternak yang terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang perlu diwaspadai.

Menurut perempuan yang akrab disapa Dokter Mia ini, gejala awal ternak mengalami PMK juga bisa menyerang ternak yang bertubuh sehat.

“Gejala ternaknya sendiri itu bisa menyerang hewan yang bertubuh sehat, bisa kambing, domba, sapi kerbau, terus ciri-cirinya itu demam tinggi, ada mukosa mulut yang mlepes itu, seperti sariawan, nafsu makan turun,”kata dia, baru-baru ini di Pacitan.

Lebih lanjut, Dokter Mia mengatakan ciri lain yang bisa dikenali adalah kakinya pincang dan juga ada luka di tubuhnya, bahkan bisa sampai ambruk dan tidak bisa berdiri.

“Terus untuk sapi perah sendiri produksi susunya turun, terus keadaan badannya juga makin kurus, itu,”tandasnya.

Dokter Mia mengatakan PMK ini tidak menular ke manusia, tapi bisa menyerang kawanan dari ternak itu sendiri. “Jadi bisa tertular ke ternak yang lain,”tukasnya.

Sebelumnya diberitakan di Pacitanku.com, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Pacitan Pamudji mengimbau masyarakat untuk mewaspadai penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak yang belakangan terjadi, utamanya di sejumlah daerah di Jawa Timur.

Meski di Pacitan belum ditemukan kasus PMK, Pamudji menilai kewaspadaan akan kemungkinan tertularnya PMK terhadap ternak di Pacitan perlu ditingkatkan, apalagi dalam kurun waktu dua bulan kedepan Hari Raya Idul Adha akan tiba.

No More Posts Available.

No more pages to load.