Kemenkes RI Minta Masyarakat Waspadai Hepatitis Akut

oleh -Dibaca 370 kali

Pacitanku.com, JAKARTA — Indonesia sudah melaporkan temuan 3 kasus meninggal diduga hepatitis akut ‘misterius’ alias tanpa penyebab yang diketahui.

Temuan 3 kasus meninggal dunia dilaporkan Kementerian Kesehatan RI dalam rentan 2 pekan hingga 30 April 2022. Ketiganya dirawat di RSPN Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) setelah dirujuk dari sejumlah rumah sakit di Jakarta Timur dan Jakarta Barat.

Dalam edarannya tentang hepatitis ‘misterius’ yang ditetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) oleh Organisasi Kesehatan Dunia WHO, Kemenkes menjelaskan definisi operasional kondisi hepatitis yang disebut juga Hepatitis Akut yang Tidak Diketahui Etiologinya (Acute hepatitis of unknown aetiology) tersebut.

“Selama masa investigasi, kami menghimbau masyarakat untuk berhati-hati dan tetap tenang,” ujar Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dr Siti Nadia Tarmizi dikutip dari laman resmi Kemenkes RI, Kamis (5/5/2022).

Nadia mengimbau, jika anak-anak memiliki gejala kuning, sakit perut, muntah-muntah dan diare mendadak, buang air kecil berwarna teh tua, buang air besar berwarna pucat, kejang, penurunan kesadaran agar segera memeriksakan anak ke fasilitas layanan kesehatan terdekat.

“Lakukan tindakan pencegahan seperti mencuci tangan, memastikan makanan dalam keadaan matang dan bersih, tidak bergantian alat makan, menghindari kontak dengan orang sakit serta tetap melaksanakan protokol kesehatan,” ujar Nadia.