Ini Pesan Kadinkes Pacitan untuk Masyarakat Sikapi Kemunculan Hepatitis Akut di Indonesia

oleh -Dibaca 467 kali
Kepala Dinas Kesehatan Pacitan Hendra Purwaka. (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Merebaknya virus  baru dengan nama hepatitis akut membuat sejumlah daerah siaga. Salah satunya kabupaten Pacitan.

Berdasar rilis kemenkes RI ditemukan 3 pasien yang suspek dengan gejala hepatitis akut di Indonesia telah meninggal dunia beberapa hari lalu.

Saat di hubungi Pacitanku.com. Kadinkes Pacitan, Trihariadi Hendra Purwaka membenarkan kabar tersebut. Ia juga meminta masyarakat bersiap dan waspada dengan adanya virus baru tersebut.

“Dengan semakin maraknya berita tentang Hepatitis akut yang belum diketahui penyebab yang menyerang pada usia anak-anak. Kami cukup prihatin dan harus segera mensikapi jangan sampai kasus tersebut  mewabah,”katanya, Jumat (6/5/2022).

Hendra juga mengajak masyarakat tidak perlu panik dengan temuan suspek di Jakarta, namun diperlukan kewaspadaan guna mencegah penularan di Pacitan. “Tidak perlu panik, namun harus waspada dan mengantisipasi,”kata dr Hendra.

Kemudian ia juga menjelaskan sampai hari ini (5/5) belum ditemukan kasus tersebut di Pacitan. “Sementara di Pacitan belum terlapor kan adanya kasus tersebut,”ujarnya.

Sebelumnya berdasar rilis kemenkes RI di Indonesia telah ditemukan 3 pasien suspek wabah tersebut.