Semangat Hari Kartini, Perempuan Pacitan Harus Berani Bermimpi Meraih Cita-Cita

oleh -Dibaca 421 kali
Peringatan Hari Kartini ke-143 Kabupaten Pacitan pada Rabu (20/4/2022) di Gedung Karya Darma. (Foto: Dok. Prokopim Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Melalui perjuangan R.A Kartini untuk emansipasi, kaum perempuan saat ini memiliki kesempatan luas untuk bisa meraih mimpi dan cita-citanya. Peluang bagi kaum perempuan untuk bisa bersaing serta sejajar dengan kaum pria  begitu terbuka diberbagai lini.

Pernyataan tersebut disampaikan Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, dalam acara Peringatan Hari Kartini ke-143 Kabupaten Pacitan pada Rabu (20/4/2022) di Gedung Karya Darma.

Bermimpi tentang kesempatan menurut Mas Aji kaum perempuan saat ini punya cukup banyak kesempatan.

Bahkan, negara sendiri telah menjamin dan memberikan kesempatan tersebut . Dalam karier politik misalnya, kaum perempuan memiliki porsi yang pasti yang dijaminan oleh undang-undang. Tergantung bagaimana  kaum perempuan mampu menangkap peluang tersebut dan berani berkompetisi dengan laki-laki.

“Kalau ibu kita Kartini berani untuk bermimpi dan bercita-cita, harapan saya putri-putri Pacitan juga berani melangkah menggapai cita-citanya,” kata Bupati, mengutip siaran pers Prokopim Pacitan.

Sementara, menurut Penasehat Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Pacitan Efi Suraningsih Indrata Nur Bayuaji, kaum perempuan memiliki kesempatan sama dengan kaum laki-laki untuk ambil bagian dalam pembangunan.

Perempuan saat ini harus pandai menempatkan diri dalam pembangunan nasional  dengan tidak mengurangi kodratnya sebagai  ibu rumah tangga dan abdi masyarakat.

“Perjuangan R.A Kartini yang pantang menyerah memberi pengaruh yang besar bagi nasib kaum wanita. Berkat sosok Kartini kita dapat berkarier setara dengan kaum pria. Tetaplah berkontribusi kepada negara tanpa menanggalkan kodrat sebagai wanita,” katanya.

Peringatan Hari Kartini ke 143 di Kabupaten Pacitan dilaksanakan dengan sederhana namun tidak mengurangi makna. Tema Hari Kartini tahun 2022 adalah Dengan semangat Kartini  kita tingkatkan pemberdayaan kaum perempuan.

Acara diisi dengan seminar mengambil tema Tantangan Perempuan Indonesia di Era Ambudance.

No More Posts Available.

No more pages to load.