Puluhan Ribu Pedagang Kaki Lima, Nelayan dan Pemilik Warung Terima Bantuan Tunai

oleh -Dibaca 840 kali
Sebanyak 20.000 pedagang kaki lima, pemilik warung dan nelayan di Pacitan segera mendapatkan bantuan tuna Rp600 ribu yang merupakan kerjasama Pemerintah dengan TNI-AD. (Foto: Dok. Prokopim Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Sebanyak 20.000 pedagang kaki lima, pemilik warung dan nelayan di Pacitan segera mendapatkan bantuan tuna Rp600 ribu yang merupakan kerjasama Pemerintah dengan TNI-AD.

Program tersebut adalah program bantuan tunai bagi pedagang kaki lima, warung dan nelayan (BTPKLWN).

Launching BTPKLWN tersebut berlangsung pada Jumat (8/4/2022) di Makodim 0801/Pacitan dan dihadiri langsung Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji.

Menurut Komandan Kodim 0801/Pacitan Letkol Kav Ibnu Khazim, bantuan tunai bagi pedagang kaki lima, warung dan nelayan ini bagian dari program nasional dan berlangsung serentak. Kabupaten Pacitan sendiri mendapatkan alokasi sebesar 20.000.

“Kita berharap sebelum lebaran seluruh bantuan sudah bisa diterimakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakt,”kata Dandim, mengutip siaran pers Prokopim Pacitan.

Untuk menjamin bantuan tepat sasaran, selama proses pendataan  Dandim melibatkan camat, kepala desa hingga kasun. Data yang masuk masih akan diolah oleh aplikasi sistem sehingga penerima benar-benar yang belum pernah menerima bantuan sebelumnya.

Bupati Indrata Nur Bayuaji yang hadir langsung saat peluncuran bantuan tunai ini menyampaikan bahwa bantuan ini merupakan upaya pemerintah untuk percepatan pemulihan ekonomi akibat pandemi COVID-19.

“Pemerintah ini benar-benar serius memperhatikan kita semuanya, panjenengan semuanya karena dampak COVID-19,”kelasnya.

Bupati mengatakan, bantuan tunai bagi pedagang kaki lima, warung dan  nelayan ini sangat  membantu masyarakat.

“Di tengah situasi ekonomi dunia yang bergejolak ini sangat membantu sekali,”tandasnya.

Bupati juga sangat apresiatif. Apalagi selain membagikan bantuan, Kodim juga menggelar vaksinasi baik dosis 1 dan 2 serta vaksin booster.