Dewan Kesenian Pacitan Apresiasi Kegiatan Megengan Kubro di Kali Klepu

oleh -Dibaca 1.272 kali
Megengan Kubro di wisata kuliner tempo Dulu Kali Klepu. (Foto: Istimewa)

Pacitanku.com, PACITAN – Ketua Dewan Kesenian Pacitan (DKP) Khoirul Amin mengapresiasi kegiatan megengan kubro yang digelar di wisata kuliner Tempo Dulu Kali Klepu, Desa Karanganyar, Kecamatan Kebonagung.

Dalam kegiatan yang berlangsung pada Minggu (27/3/2022) lalu, wisata kuliner Tempo Dulu Kali Klepu menggelar kegiatan Megengan Kubro dan arak arakan tumpeng apem.

“Kegiatan itu digelar dalam rangka memperingati selapan pasar Kuliner Tempo Doeloe kali Klepu yang dirangkai dengan Megengan Kubro,”kata Khoirul Amin, Senin (28/3/2022) di Pacitan.

Lebih lanjut, Khoirul mengatakan maksud dan tujuan kegiatan di Kali Klepu adalah melestarikan budaya Megengan sebagai warisan budaya nenek moyang.

“Selain itu kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memperkenalkqn tradisi dan budaya nenek moyang yang hampir punah,”ujarnya.

Khoirul juga mengharapkan Pemerintah melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait bisa menggelar atraksi budaya untuk memajukan wisata di Pacitan.

“Masing-masing OPD rata-rata punya program unggulan, masing-masing, itu bagaimana caranya kedepan bisa merangkaum menjadi Kalender event, kami dewan kesenian siap support untuk kolaborasi menjadi atraksi budaya wisata dan bernilai jual,”pungkasnya.