Komisi I DPRD Pacitan Dorong Penggunaan “E-voting” untuk Penyelenggaraan Pilkades

oleh -Dibaca 2,897 kali
Wakil Ketua Komisi I DPRD Pacitan Arif Setia Budi. (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Wakil Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pacitan Arif Setia Budi mendorong penggunaan e-voting dalam kegiatan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Pacitan.

“Mungkin kedepan yang perlu dipilot projectkan adalah Pilkades menggunakan e-voting, itu kan di Pacitan belum dilakukan,”kata pria yang akrab disapa ASB ini, Rabu (23/3/2022) di Pacitan.

Menurut ASB, model Pilkades dengan e-voting bisa digelar dengan percobaan di beberapa desa di Pacitan, mengingat alat-alat e-voting yang terbilang cukup efektif dan efisien.

“Mungkin akan lebih baik dicoba di satu atau dua desa menggunakan e-voting, e-voting itu cukup efektif kok, alat-alatnya bisa digunakan kembali dan lebih cepat,”tegas politikus Partai Demokrat (PD) Pacitan itu.

ASB memandang, penggunaan e-voting untuk Pilkades sangat diperlukan. Hal itu mengingat saat ini kehidupan politik dan demokrasi juga sudah masuk ke era digitalisasi.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Pacitan Arif Setia Budi. (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku.com)

“Untuk Pacitan sangat perlu (e-voting), karena kita ini kan memang kehidupan dalam berpolitik ini berubah-ubah dan harus mengikuti kemajuan, kemajuan zaman itu kan sekarang eranya digitalisasi,”jelasnya.

ASB lantas mencontohkan beberapa desa di Indonesia, di Kabupaten Sleman, Provinsi DI Yogyakarta misalnya, sudah menerapkan sistem Pilkades e-voting.

“Sehingga Pilkades pun yang seharusnya kalau menurut Permendagri itu mulai 2017 daerah Kabupaten/Kota yang melakukan Pilkades itu menggunakan e-voting, salah satunya di Sleman itu cukup banyak desa yang menggunakan e-voting,”jelasnya.

Terkait dengan kondisi Pacitan, ASB meyakini e-voting bisa diterapkan dengan baik dan mumpuni untuk dilaksanakan.

“Kalau di Pacitan (penerapan e-voting) sangat mumpuni, yang penting tersosialisaikan dengan baik, itu kan tinggal layar aja, (kemudian) dipencet saja ada terpampang gambar (calon Kepala Desa),”pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.