Sandiaga Uno: KaTa Kreatif Gerakkan Ekraf di Kabupaten Pacitan

oleh -Dibaca 1,191 kali
Sandiaga Uno saat menjadi narasumber dalam kegiatan KaTa Kreatif di Pacitan pada Sabtu (12/3/2022). (Foto: Sulthan Shalahuddin)

Pacitanku.com, PACITAN — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno mengharapkan KaTa Kreatif yang merupakan akronim dari Kabupaten Kota Kreatif bisa menggerakkan sektor ekonomi kreatif (Ekraf) di Pacitan.

Hal itu disampaikan oleh Sandiaga Uno saat meresmikan KaTa Kreatif di Pacitan pada Sabtu (12/3/2022). Pacitan sendiri dipilih menjadi tempat launching KaTa Kreatif karena untuk menjangkau 35 kabupaten dan kota se-Jawa Timur.

“KaTa kreatif ini sudah di lokasi enam. Kita pilih Pacitan sebagai lokasi kita launching program KaTa kreatif dalam roadshow kita untuk menjangkau total 35 Kabupaten Kota,”kata Sandi.

Sebagai salah satu keseriusan Kemenparekraf, Sandi mengatakan untuk Pacitan akan di suport khusus sektor kriya karena sudah ekspor ke luar negeri. “Suport khusus Pacitan di subsektor kriya. Ini menjadi urutan ke 2 dalam eksport ekonomi kreatif ke luar negeri. Ekonomi kriya memiliki posisi strategis,”jelas dia.

Lebih lanjut, Sandi mengharapkan kegiatan Ka Ta Kreatif nantinya dapat menggerakkan pelaku ekonomi kreatif di Pacitan. “Kegiatan ini diharapakan mampu meningkatkan wawasan dan inovasi bagi para pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Pacitan,”jelasnya.

Sementara di sektor wisata, Sandi juga mengharapkan Pacitan bisa memiliki destinasi wisata yang unggulan.

“Saya ingin Kabupaten Pacitan ini punya destinasi unggulan, ada beberapa tadi pagi yang saya sudah kunjungi tapi masih banyak lagi, seperti Goa Gong juga, tadi ada pelepasan tukik, mudah-mudahan ini bisa menjadi semangat kita menyusun tata kelola ekonomi baru,”pungkasnya.

Sandi juga berpesan kepada masyarakat untuk menjadi wisatawan yang Rojali, bukan Rohali.

“Karena kalau cuma wisata wisata saja kita jadi rohali, rombongan hanya lihat-lihat ya, padahal kalau ada ekonomi kreatif kita harus sandingkan wisata dengan Rojali, itu adalah rombongan yang jalan-jalan tapi juga beli beli,”pungkasnya.

Video Sandiaga Uno: KaTa Kreatif Gerakkan Ekonomi Kreatif di Pacitan

No More Posts Available.

No more pages to load.