Sartono Hutomo Terus Dorong Geliat Kebangkitan Pariwisata di Pacitan

oleh -Dibaca 1.051 kali
Anggota DPR RI Sartono Hutomo saat ngobrol bareng milenial Pacitan pada Senin (28/2/2022). (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Anggota DPR RI Sartono Hutomo terus mendorong geliat kebangkitan parwisata di Pacitan meski dalam keadaan pandemi global COVID-19.

“Saya juga putra Pacitan, yang juga anggota DPR RI Dapil 7 akan terus memberikan support untuk pariwisata, karena ini juga yang latar belakang saya, adapun masukan-masukan ada penelitian dari sisi goa, saya sangat terbuka untuk kita diskusi untuk memajukan Pacitan dari segala aspek,”katanya saat berbincang dengan generasi milenial Pacitan pada Senin (28/2/2022) di Lokrap Café Pacitan.

Sartono mengatakan, diakui dengan adanya COVID-19, ada perubahan dari sektor pariwisata. Mulai dari sistem dan juga metode strategi marketing dan sebagainya.

“Tentunya yang menjadi akar permasalahan itu adalah adanya pandemi COVID-19 ini, sehingga ekonomi luluh lantah, pada akhirnya kemudian kita bicara tentang new normal pariwisata dengan protokol kesehatan,”papar legislator Partai Demokrat ini.

Sartono mengakui, dampak pandemi terhadap sektor pariwisata memang sangat terasa. “Saya itu ada kegiatan usaha (pariwisata) kecil-kecilan di Bali, sementara ini mati suri betul, itu saya alami,”tandasnya.

Di Pacitan sendiri, Sartono mengatakan pariwisata sudah mulai bergeliat. Meski belum optimal, namun Sartono menyebut bahwa kebangkitan pariwisata ini memiliki harapan yang lebih baik.

“Dengan adanya JLS juga mulai bergeliat, mulai bergerak, bahkan sektor pariwisata ini salah satu yang menjadikan andalan kita akan menggerakkan sektor lainnya, dengan adanya kunjungan wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara, itu menggerakkan sektor riil UMKM kita, mulai dari hotel, warung, restoran oleh-oleh dan juga pendapatan daerah,”jelas dia.

Jika pengelolaan pandemi semakin baik, Sartono optimistis pariwisata di Pacitan bisa bergeliat kembali.

“Pariwisata ini harus menjadi concern kita, bagaimana pariwisata bisa bergeliat kembali, kalau covid-19 semakin kesini semakin dikelola dengan baik, dan kesadaran kita tentang prokes ini dijalankan dengan baik, pelan-pelan pariwisata akan bergeliat yang lebih baik lagi, hanya memang dalam waktu pendek kita tidak berekspektasi banyak, investasi di sektor ini harus sabar,”jelasnya.

Sartono sendiri mengatakan dirinya akan terus mendorong kebangkitan pariwisata Pacitan melalui event-event yang ada di Pacitan.

“Saya perannya kedepan membikin suatu kegiatan yang skala nasional atau internasional untuk membangkitkan wisata Pacitan, seperti yang saya lakukan tahun 2016 membuat event surfing tingkat internasional yaitu Hello Pacitan,”jelas Sartono.

Ditambah, kata Sartono, ada kemungkinan pada tahun ini museum SBY dan galeri seni Ani mulai dibuka.

“Dengan dibukanya museum SBY dan galeri seni Ani itu akan menjadi destinasi wisata edukasi bagi masyarakat, karena juga ada perpustakaan  kegiatan-kegiatan seperti parade budaya juga ada, tentunya ini akan menarik tingkat kunjungan pariwisata,”pungkasnya.