Jadi Salah Satu Ikon Wisata Baru Pacitan, Museum SBY dan Galeri Seni Ani Diharapkan Bisa Segera Diresmikan Tahun ini

oleh -Dibaca 2,926 kali
Maket museum dan galeri seni SBY-Ani. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Sartono Hutomo mengharapkan museum SBY dan galeri seni Ani bisa diresmikan tahun ini.

Hal itu seiring dengan harapan bahwa museum yang terletak di Jalur Lintas Selatan (JLS) Pacitan itu bisa menjadi salah satu ikon wisata baru di Pacitan.

“Harapan kita (bisa diresmikan) tahun ini ya, tentunya saat ini masih perlu mengisi perlengkapan di museum dan galeri seni di dalamnya, mungkin pertengahan (tahun), tentunya yang terbaik waktunya,”kata Sartono yang merupakan legislator Partai Demokrat ini, saat ditemui di sela-sela bincang-bincang generasi milenial pada Senin (28/2/2022) di Lokrap Café, Pacitan.

Harapan tentang museum SBY dan galeri seni Ani yang menjadi ikon atau landmark wisata Pacitan juga disinggung Anggota DPR RI lainnya, Edhie Baskoro Yudhoyono (EBY) pada kegiatan webinar srawung sedulur Pacitan pada Selasa (15/2/2022) lalu.

Saat itu, putra kedua Presiden ke-6 SBY ini mengatakan bahwa SBY saat memimpin Indonesia sebagai Presiden adalah peletak landasan infrastruktur di Pacitan.

Anggota DPR RI Sartono Hutomo saat ngobrol bareng milenial Pacitan pada Senin (28/2/2022). (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku.com)

Sejak memimpin hingga paripurna menjabat sebagai Presiden RI, SBY membangun sejumlah infrastruktur, hingga yang terbaru adalah museum SBY dan galeri seni Ani.

“Adanya juga PLTU, waduk dan terakhir adalah museum SBY dan galeri Seni Ani yang insyaallah akan segera dirampungkan dan menjadi salah satu ikon di Kabupaten Pacitan atau landmark yang Insyaallah akan bisa menarik devisa sebanyak-banyaknya untuk Kabupaten Pacitan,”kata Ibas saat itu.

Sebagai informasi, museum SBY dan galeri seni Ani ini dilaunching peletakan batu pertamanya pada 22 Februari 2020 lalu. Saat itu, SBY mengatakan, pembangunan museum dan galeri seni ditujukan bagi generasi muda. Selain itu, tanda cinta keluarga dan Yudhoyono kepada istri tercinta Kristiani Herawati atau Ani Yudhoyono, yang berpulang pada 1 Juni 2019.

Musem SBY dan galeri seni Ani tersebut terdiri dari puluhan ruangan. Sebagian besar menampilkan pernak-pernik yang berkaitan dengan perjalanan SBY, seperti rangkaian cerita sejak SBY menghabiskan masa muda di Pacitan hingga menapaki karir di dunia militer.

Selain museum, juga ada Galeri Seni Ani yang akan menampilkan koleksi seni dan foto hasil jepretan Ibu Ani. Selain berupa foto lanskap, karya lain berupa foto humanistik juga akan dipajang menghiasi ruangan yang ada.

Kompleks museum SBY ini sendiri sudah ditempati oleh Presiden ke-6 RI SBY saat mengunjungi Pacitan bulan Desember 2020 lalu. Kala itu, SBY menginap di wisma Drupadi yang berada di satu kompleks dengan museum SBY dan galeri seni Ani.