Bupati Tekankan Arah Pembangunan Fokus Kembalikan Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat

oleh -Dibaca 370 kali
Bupati membuka Forum Konsultasi Publik Dalam Rangka Penyusunan Rancangan Awal Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2023, di Gedung Karya Dharma, Rabu (26/1/2022). (Foto: Dok Prokopim Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji menekankan arah pembangunan Kabupaten Pacitan tahun 2023 fokus terhadap upaya mengembalikan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Hal ini penting dilakukan guna membangkitkan gairah perekonomian masyarakat yang sempat menurun di tahun 2020.

Hal tersebut disampaikan Bupati Aji saat membuka Forum Konsultasi Publik Dalam Rangka Penyusunan Rancangan Awal Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2023, di Gedung Karya Dharma, Rabu (26/1/2022).

“Sekali lagi saya berharap, apa yang menjadi fokus, target, tujuan, dan sasaran dalam RPJMD betul-betul mendapatkan perhatian dan prioritas, agar apa yang menjadi cita-cita kita bersama dalam mewujudkan masyarakat Pacitan sejahtera dan  bahagia dapat terwujud,” kata Bupati, mengutip siaran pers laman Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Pacitan.

Tantangan terbesar yang dihadapi Kabupaten Pacitan adalah terbatasnya APBD untuk mencapai target capaian dalam RPJMD. Untuk itu, Mas Aji minta ada skala prioritas memilih strategi-strategi kegiatan yang berdampak langsung terhadap masyarakat dengan tidak melupakan kewajiban dalam upaya menurunkan angka kemiskinan.

Selain itu juga memperbaiki kualitas serta akses pendidikan dan kesehatan, perbaikan pelayanan publik kepada masyarakat, dan kegiatan-kegiatan yang menjadi kewajiban pemerintah daerah.

“Urusan pemerintahan lainnya, saya berharap mampu mendukung dan menopang upaya pemulihan ekonomi tersebut, mendekatkan dan mempermudah layanan kepada masyarakat,”pungkas Bupati.

Forum konsultasi publik merupakan penyepakatan terhadap rancangan prioritas dan arah kebijakan pembangunan serta program dan kegiatan prioritas yang harus diakomodasi dalam Renja Perangkat Daerah.

Tujuannya adalah untuk memperoleh masukan penyempurnaan terhadap rancangan awal  RKPD. Tema RKPD tahun 2023 adalah “Membangun Ekosistem Produktif, Perluasan Pasar Dan Pemulihan Sarana Dan Prasarana Sosial.”

Video Bupati Aji Siap Bersinergi Wujudkan Pacitan Bahagia dan Sejahtera, Bagaimana Caranya?