Wabup Pacitan Harapkan Ponpes An-Nur Pringkuku Cetak Santri Mandiri

oleh -Dibaca 808 kali
LETAKKAN BATU PERTAMA. Wabup Pacitan Gagarin menghadiri peletakan batu pertama pembangunan asrama Ponpes An-Nur, Ngadirejan, Pringkuku, Pacitan. (Foto: Dok. Prokopim Pacitan)

Pacitanku.com, PRINGKUKU – Wakil Bupati Pacitan Gagarin melakukan peletakan batu pertama pembangunan asrama santri Pondok Pesantren An-Nur di Dusun Mudal Desa Ngadirejan Kecamatan Pringkuku pada Jumat (21/1/2022).

Sarana pendukung lembaga pendidikan Islam tersebut menurut rencana akan dibangun 2 lantai untuk asrama putra dan putri masing-masing 3 lokal.

Wakil Bupati Pacitan Gagarin dalam sambutannya mengatakan, dengan terpenuhinya sarana dan prasarana pondok pesantren, lembaga pendidikan dapat menjalankan peran dan fungsinya dengan baik dalam mendidik santriwan dan santriwati.

Pondok pesantren memiliki peran dan fungsi yang lengkap untuk kemaslahatan umat. Selain pendidikan ponpes juga memiliki fungsi lain sebagai lembaga dakwah, kemasyarakatan serta simpul budaya.

“Harapan saya ponpes An-Nur bisa mencetak santriwan dan santriwati  yang mandiri menuju masa depan, tetap dalam kesederhanaan dan bisa menjalankan nilai-nilai keagamaan di masyarakat,” kata Wabup, mengutip siaran pers Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Pacitan.

Sementara, Pimpinan Pondok Pesantren An-Nur Muhammad Toha mengatakan, pembangunan asrama santri ini untuk menunjang proses belajar mengajar santri.

Ruang kelas yang selama ini beralih fungsi sebagai asrama akan kembali dimanfaatkan untuk proses pembelajaran.

Saat ini jumlah santriwan dan santriwati yang menimba ilmu di ponpes An-Nur mencapai hampir seratus siswa. Selain  dari wilayah Kabupaten Pacitan, beberapa diantara santri berasal dari luar kota seperti DI Yogyakarta dan DKI Jakarta.

No More Posts Available.

No more pages to load.