Wabup Pacitan: Kesetiakawanan Sosial Harus Ditumbuhkembangkan dalam Kehidupan Sehari-hari

oleh -Dibaca 167 kali
Wakil Bupati Gagarin saat ikut dalam kegiatan HKSN di Pacitan pada Jumat (17/12/2021). (Foto: Dok Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Memperingati Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional 2021 (HKSN)  ratusan ASN serta elemen masyarakat, Jumat (17/12) pagi, menggelar aksi kerja bhakti bersih-bersih jalan.

Mengambil titik lokasi di jalur Pacitan-Pringkuku tepatnya tugu batas kota Dusun Sundeng Desa Bangunsari, para peserta aksi membersihkan tugu batas dari kotoran dan lumut, memotong rumput dan ranting pepohonan serta membersihkan selokan yang tersumbat.

Terjun langsung dalam aksi tersebut Wakil Bupati Pacitan Gagarin didampingi Sekretaris Daerah Heru Wiwoho, para Asisten Sekda dan Staf Ahli Bupati, Kadinsos Sunaryo serta Kepala Dinas Lingkungan Hidup Joni Maryono.

Turut hadir pula para relawan yang tergabung dalam Taruna Tanggap Bencana (Tagana), PSM, Karang Taruna, pendamping program serta masyarakat.

Wakil Bupati Pacitan Gagarin sangat mengapresiasi kegiatan tersebut yang menurutnya  perlu terus dipupuk dan dilestarikan.

Kesetiakawanan tidak harus menanti momen namun harus ada dalam sendi kehidupan bermasyarakat.  Terlebih ditengah kondisi pandemi yang melanda seperti saat  ini.

“Harapan saya, implementasinya tidak hanya dalam acara-acara seremonial saja, tapi dalam kehidupan nyata sehari sehari. Jadi kesetiakawanan sosial harus ditumbuh kembangkan sehingga memperkuat tatanan maupun kebersamaan di masyarakat,”kata Gagarin, mengutip siaran pers Humas Pemkab Pacitan.

Disinggung sejauh mana kesetiakawananan sosial  di Kabupaten Pacitan, Wabup gagarin meyakini hal tersebut masih terpelihara dengan baik. Buktinya, masyarakat  masih menjunjung tinggi kegotong-royongan serta tolerensi yang tinggi dalam menyikapi setiap persoalan.

Kesetiakawanan sosial bagi masyarakat Pacitan bukan sesuatu yang baru, karena sudah menjadi sendi dalam kehidupan sehari-hari.