Wabup Gagarin Berharap Pencanangan PSN untuk Cegah DBD Jadi Gerakan Massif di Pacitan

oleh -Dibaca 370 kali
LAKUKAN PENGASAPAN. Wabup Pacitan Gagarin saat melakukan pengasapan atau fogging pada Selasa (7/12/2021). (Foto: Dok. Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, ARJOSARI – Wakil Bupati Pacitan Gagarin berharap pencanangan Gerakan serentak Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) menjadi Gerakan massif mencegah Demam Berdarah Dengue (DBD) di Pacitan.

Hal itu diungkapkan Gagarin usai mendampingi Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji memimpin gerakan serentak pemberantasan sarang nyamuk demam berdarah (Gertak PSN-DBD) di Desa Jatimalang, Kecamatan Arjosari, Selasa (7/12/2021).

Dalam kegiatan Gertak PSN-DBD ini sendiri menyasar lingkungan rumah rumah warga, salah satunya seperti bak kamar mandi warga.

“Mari sedulur sedoyo, kita mewaspadai bersama penyakit DBD. Terutama dalam musim penghujan seperti ini kita harus menjaga kebersihan lingkungan agar tidak menjadi sarang nyamuk dan penyakit,”kata Wabup Gagarin, dikutip dari laman facebooknya.

Wabup berharap, pencanangan Gertak PSN-DBD di Kabupaten Pacitan ini menjadi gerakan yang massif dalam rangka pencegahan DBD yang belakangan mulai menjangkiti sejumlah warga di Pacitan.

“Serta berdampak dalam menurunkan serta menghilangkan kasus DBD yang berada di lingkungan kita,”pungkasnya.

Dalam kegiatan Gertak PSN-DBD itu, Wabup juga sempat melakukan pengasapan atau fogging untuk membasmi nyamuk Aedes Aygepti penyebab DBD.

Sebagai tindak lanjut, Gertak PSN-DBD yang dicanangkan Bupati tersebut juga akan dilaksanakan serentak di semua wilayah Kecamatan selama 4 minggu berturut-turut pada setiap Hari Jumat.

Salah satunya adalah dengan menggerakkan masyarakat untuk melakukan gerakan 3M minimal seminggu sekali serta melakukan penaburan larvasidasi ditempat penampungan air terutama pada daerah endemis.