Desa Sedeng Pacitan Launching Rintisan Desa Wisata dan Agrowisata Jobong

oleh -Dibaca 677 kali
Rintisan Desa Wisata di Sedeng, Bupati Pacitan saat menghadiri kawasan Jobong Desa Sedeng dan melaunching Desa Wisata. (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Desa Sedeng, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan melaunching rintisan desa wisata dan agrowisata Jobong pada Selasa (30/11/2021). Launching tersebut langsung dihadiri oleh Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji dan Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Pacitan Tengku Andi Faliandra.

Saat berkunjung ke Kawasan itu Bupati langsung meresmikan dengan memukul gong. Dalam kesempatan tersebut Bupati beserta rombongan juga dihibur oleh tarian dari sejumlah penari remaja dari Desa Sedeng.

Adapun rest area agrowisata Jobong ini memadukan potensi alam, pertanian dan bangunan tungku pembakaran atau dikenal dengan sebutan Jobong batu kapur raksasa sebagai ikon utama. Selain itu juga ada sejumlah produk UMKM yang dipamerkan dalam kegiatan launching tersebut dalam tajuk gebyar UMKM.

Kepala Desa Sedeng Sucipto dalam keterangannya kepada awak media mengatakan Jobong yang menjadi rintisan desa wisata tersebut akan menjadi ikon utama dari Desa Sedeng. Namun kedepan pihaknya juga akan menambah berbagai produk dari Desa Sedeng.

“Kami punya gebyar obyek UMKM, sekaligus juga pembukaan rintisan desa wisata yang kami titik beratkan pada ikon yaitu tungku atau jobong, yang ditawarkan sementara baru lokasi jobong ini, namun kedepan perencaan kami beriring waktu dan semangat anak-anak muda mudah-mudahan bisa mengembangkan rintis agro wisata, ada juga kolam pemandian, panggung hiburan dan taman,”jelasnya.

Lebih lanjut, Sucipto mengatakan tungku pembakaran atau jobong itu sendiri awalnya digunakan sebagai tungku pembakaran dengan kapasitas ekitar 45 kubik batu. Kedepan, Sucipto berharap rintisan desa wisata Jobong dan agro tersebut bisa memberdayakan ekonomi masyarakat Desa Sedeng.

“Selain untuk memberdayakan ekonomi masyarakat selalu nanti bisa adanya rintisan desa wisata ini bisa meningkatkan pendapatan masyarakat, selain itu harapannya dengan peluncuran ini, bisa memotivasi masyarakat desa sedeng, pokdarwis dan karang taruna, dinas terkait kita memacu pelaku UMKM di desa Sedeng,”pungkasnya.

Sementara, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji mengapresiasi diresmikannya Jobong di Desa Sedeng ini untuk menjadi daya ungkit perekonomian warga setempat.

“Wisata merupakan daya ungkit buat perekonomian yang lainnya, maka kalau memang disitu ada lokasi atau potensi wisata dan yang sudah ada itu tetap dilestarikan, pupuk juga semangat mengembangkan wisata selaras dengan visi misi Pemkab Pacitan, dan juga kedepan saya yakin wisata sangat menarik sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat,”kata Bupati.

Video Keren, Tungku Raksasa ‘Jobong’ Jadi Ikon Rintisan Desa Wisata Sedeng Pacitan

No More Posts Available.

No more pages to load.