Curah Hujan Meningkat, Bupati Pacitan Minta Masyarakat Tingkatkan Mitigasi Bencana Berbasis Kearifan Lokal

oleh -Dibaca 425 kali
Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji. (Foto: tangkapan layar Instagram BPBD Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji meminta masyarakat untuk terus meningkatkan mitigasi bencana alam terkait adanya peningkatan curah hujan yang diperkirakan terjadi jelang akhir tahun di Pacitan.

“Kabupaten Pacitan diperkirakan mengalami peningkatan curah hujan jelang akhir tahun ini, mari siapkan diri dengan langkah-langkah pencegahan terhadap risiko bencana,”kata Bupati Aji, mengutip laman instagram BPBD Pacitan, Sabtu (6/11/2021).

Lebih lanjut, Bupati juga menghimbau masyarakat bisa terus meningkatkan mitigasi bencana alam yang terjadi dengan kearifan lokal.

“Saya Indrata Nur Bayuaji, Bupati Pacitan, menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk terus meningkatkan mitigasi berbasis kearifan lokal dengan memperkuat semangat gotong royong,”tandasnya.

Selain itu, Bupati juga meminta masyarakat untuk memperhatikan gejala alam yang terjadi. Dan jika terjadi bencana untuk segera melaporkan.

“Perhatikan setiap gejala alam yang ada Jika terjadi bencana segelar laporkan kepada pemerintah desa, kecamatan atau BPBD, semoga Allah SWT senantiasa melindungi kita semua, Pacitan rawan bencana mari kita siaga,”pungkasnya.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebelumnya telah mengeluarkan informasi peringatan dini tentang adanya fenomena La Nina yang melanda wilayah Indonesia sejak bulan Agustus dan diprakirakan akan berkembang hingga Februari tahun 2022.

Fenomena La Nina itu menurut BMKG berdampak pada kenaikan intensitas hujan dan dapat memicu terjadinya bencana hidrometeorologi basah seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor.

Sementara, pada Kamis (4/11/2021) lalu, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Ganip Warsito meminta seluruh elemen agar meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi bencana yang dapat dipicu oleh faktor cuaca dan adanya fenomena La Nina di Tanah Air.

Merujuk pada prakiraan BMKG dan hasil data bencana periode terdahulu, Ganip meminta agar seluruh elemen pemerintah dan masyarakat dapat meningkatkan kesiapsiagaan dan mengupayakan langkah mitigasi yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Ganip juga menekankan, upaya kesiapsiagaan tersebut harus dilakukan pada level yang lebih kecil hingga kabupaten/kota. (red/DP)

No More Posts Available.

No more pages to load.