Pemkab Diminta Terus Koordinasi dengan Pemerintah Pusat Terkait Kelanjutan Pembangunan Pelabuhan Gelon

oleh -Dibaca 488 kali
Proyek Pembangunan Jembatan Gelon. (Foto : Dishubkominfo Pacitan)
Proyek Pembangunan Jembatan Gelon. (Foto : Dishubkominfo Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pacitan Ronny Wahyono mengharapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan terus melakukan koordinasi dengan Pemerintah Pusat, dalam hal ini Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Kementerian Pekerjaan Umum (Kemen PU) untuk melanjutkan proses pembangunan pelabuhan Gelon.

“Untuk pelabuhan Gelon sudah pernah dilakukan Detail Engineering Design (DED), jadi ini tadi tugas kita dari Pemda terus berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan dan juga dengan Kemen PU terkait dengan jalannya,”katanya saat ditemui di sela-sela gelaran Pekan Olahraga Tradisional (Portrad) Jatim 2021 pada Kamis (21/10/2021).

Menurut Ronny, pembangunan pelabuhan Gelon ini sudah tidak dilakukan dari awal lagi, melainkan melanjutkan tahapan atau prosesnya.

“Agar apa yang sudah dilaksanakan di Pelabuhan Gelon ini bisa dilanjutkan, jadi ini kan bukan dari ‘0’, tapi sudah ada (tahapannya) gitu, oleh karena itu harusnya dilanjutkan lagi,”kata legislator Partai Demokrat (PD) Pacitan ini.

Disinggung terkait adanya kabar bahwa level prioritas pembangunan pelabuhan Gelon turun karena adanya Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), Ronny mengatakan hal itu bisa ditata, karena, baik pelabuhan Gelon dan KSPN, keduanya dibutuhkan.

“Untuk KSPN itu saya rasa juga monggo lah di-tata, kita juga butuh pariwisata dan juga butuh perhubungan laut,”pungkasnya.

Sebelumnya proyek pembangunan pelabuhan Gelon ini memasuki tahap dimana Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji telah membentuk tim khusus dalam menyelesaikan proyek pelabuhan Gelon tersebut yang dikomandani oleh Wakil Bupati Gagarin.

Pewarta: Sulthan Shalahuddin
Editor: Dwi Purnawan