Lantamal V Surabaya Luncurkan Program Renovasi 47 Rutilahu di Pacitan

oleh -0 Dilihat
Peluncuran program renovasi Rutilahu oleh Lantamal V Kota Surabaya, Senin (18/10/2021). (Foto: Sulthan Shalahuddin)

Pacitanku.com, PACITAN — Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) V Surabaya meluncurkan program renovasi Rumah Tinggal Layak Huni (Rutilahu) di Kabupaten Pacitan.

Peluncuran program yang bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur tersebut digelar pada Senin (18/10/2021) di Desa Sirnoboyo, Kecamatan Pacitan.

“Kegiatan Rutilahu sekarang di Kabupaten Pacitan merupakan kegiatan yang terintegrasi yang dilaksanakan di Kabupaten Lamongan 35 unit, Kabupaten Gresik 50 unit dan Kabupaten Pacitan 47 unit, dengan total 132 unit,” kata Komandan Pangkalan Utama TNI AL-V, Laksamana Pertama TNI Yoos Suryono Hadi saat dikonfirmasi awak media.

Lebih lanjut, Danlatamal mengatakan program ini merupakan bukti kepedulian TNI AL bersama Pemprov Jatim. Dia juga berpesan agar pelaksanaan program renovasi  Rutilahu ini berlangsung sesuai aturan serta mengedepankan semangat gotong royong.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji mengapresiasi Lantamal V TNI AL telah meluncurkan program tersebut untuk membantu Pemerintah Kabupaten dalam membantu masyarakat.

Kegiatan Rutilahu tersebut, kata Bupati, sangat membantu kami dalam membantu mempercepat pengentasan kemiskinan di Pacitan.

Karena, kata Bupati, menyelesaikan permasalahan kemiskinan harus melibatkan seluruh stakeholder. Baik itu pemerintah, organisasi, lembaga sosial, TNI, Polri, swasta dan unsur lainnya.

“Harus kita ‘keroyok’ bersama yang namanya kemiskinan itu karena berkaitan dengan banyak hal, untuk itu kami mohon kita semua  peduli dengan masalah kemiskinan dengan bidang kita masing-masing,”jelasnya.

Dalam kesempatan itu,  Lantamal V Surabaya juga akan melakukan vaksinasi massal COVID-19 dalam rangka mewujudkan herd immunity masyarakat Pacitan.

Pewarta: Sulthan Salahuddin
Editor: Dwi Purnawan