Arab Saudi Akhirnya Izinkan Jemaah Indonesia Tunaikan Umrah di Tanah Suci

oleh -0 Dilihat
Foto Ilustrasi Jemaah Umrah. (Pixabay)

JAKARTA – Pemerintah Kerajaan Arab Saudi akhirnya mengizinkan jemaah asal Indonesia untuk menunaikan ibadah umrah di tanah suci.

Kabar baik ini diberikan oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dalam siaran virtual melalui kanal Youtube MoFa Indonesia, Sabtu (9/10/2021).

Retno menjelaskan bahwa Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta memberikan nota diplomatik pada Jumat 8 Oktober lalu.

“Kedutaan telah menerima informasi dari pihak berkompeten di Kerajaan Arab Saudi perihal pengaturan dimulainya kembali pelaksanaan umrah bagi jemaah umrah  Indonesia,” kata Retno.

Komite khusus di Kerajaan Arab Saudi sedang bekerja saat ini guna meminimalisasi segala hambatan yang menghalangi kemungkinan tidak dapatnya jamaah umrah Indonesia untuk melakukan ibadah umrah.

“Di dalam nota diplomatik juga disebutkan bahwa kedua pihak sedang dalam tahap akhir pembahasan mengenai pertukaran link teknis dengan Indonesia, yang menjelaskan informasi para pengunjung berkaitan dengan vaksin, dan akan memfasilitasi proses masuknya jamaah,” jelas dia.

Nota diplomatik tersebut juga menyebutkan mempertimbangkan untuk menetapkan masa periode karantina selama lima hari bagi para jemaah umrah yang tidak memenuhi standar kesehatan yang dipersyaratkan terkait COVID-19.

“Tentunya kabar baik ini akan kita tindaklanjuti dengan pembahasan secara lebih detail mengenai teknis pelaksanaannya,”kata Retno lagi.

Kemenlu RI akan terus berkoordinasi dengan Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan serta dengan otoritas terkait di Kerajaan Arab Saudi mengenai pelaksanaan kebijakan terbaru ini. 

Menlu Retno juga menjelaskan bahwa di sela-sela Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ke-76 di New York, ia telah menyinggung isu umrah dengan Menlu Arab Saudi.