Sempat Ditunda, Pekan Olahraga Tradisional Provinsi Akhirnya Digelar di Pacitan Bulan Depan

oleh -Dibaca 781 kali
Kadisparpora Pacitan T Andi Faliandra. (Foto: Putro Primanto)

Pacitanku.com, PACITAN – Sempat ditunda pelaksanaannya, Kabupaten Pacitan akhirnya akan menjadi tuan rumah pekan olahraga tradisional (Ortrad) tingkat Provinsi Jawa Timur yang akan digelar pada Kamis (21/10/2021) hingga Sabtu (23/10/2021) mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Pacitan Tengku Andi Faliandra saat berbincang dengan Pacitanku.com pada Kamis (23/9/2021) mengatakan kegiatan tersebut akan digelar setelah sebelumnya sempat ditunda pelaksnaannya akibat pandemi COVID-19.

“Ya betul mas (wartawan, red), tanggal 21-23 Oktober nanti kita akan menjadi tuan rumah pekan olahraga tradisional se-Jawa Timur bertempat di sport center,”kata pria yang akrab disapa Andi ini.

Lebih lanjut, Andi mengatakan aka nada lima cabang lomba yang nantinya akan dilombakan dengan maksimal anggota per tim sebanyak 30 orang. “Ada lima cabang yang dilombakan dengan jumlah maksimal 30 orang per tim,”tandasnya.

Andi mengatakan kegiatan Portrad tersebut direncanakan selama tiga hari dan tanpa ada penonton, namun masyarakat dapat melihat melalui live streaming. “Rencananya kegiatan akan disiarkan secara live streaming dan tanpa penonton, mengingat kondisi masih pandemi COVID-19,”ujar dia.

Dengan diselenggarakannya Portrad ini, Andi juga optimis sektor pariwisata akan ikut terkerek dengan gelaran Portrad ini. Sebagai contoh, hotel-hotel di Pacitan akan dapat beroperasi kembali setelah tertekan selama pandemi COVID-19.

“Walaupun hanya tiga hari setidaknya seluruh hotel maupun penginapan di Pacitan dapat terisi sehingga terjadi sedikit perputaran ekonomi atas pekan olahraga tradisional ini,”pungkasnya.

Sebelumnya diketahui, Pacitan direncanakan menjadi tuan rumah event ini pada Senin (21/6/2021) hingga Rabu (23/6/2021) lalu. Saat itu, Pacitan telah menyiapkan dua venue Gelanggang Olah Raga (GOR) Pacitan dan lapangan Panahan Area Sport Centre  di Kelurahan Sidoharjo, Pacitan.

Namun seiring meningkatnya kasus COVID-19 baik  di tingkat Pacitan, Provinsi dan nasional saat itu, gelaran Portrad ditunda dan akan dilaksanakan bulan Oktober mendatang di Pacitan.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan