Susun Rencana Aksi Pengembangan SDM, Bupati Kembali Tekankan Profesionalitas ASN

oleh -Dibaca 380 kali
Presentasi Bupati Aji terkait aksi penyusunan SDM di Pacitan. (Foto: dok. instagram @inb_indratanurbayuaji)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji kembali menekankan pentingnya aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten Pacitan memiliki sikap professional dalam kerjanya.

Hal itu ditegaskan oleh Bupati Aji usai kegiatan penyusunan rencana aksi pembangunan SDM di Pacitan, sebagai bagian dari perwujudan visi dan misi Bupati Pacitan.

“Dalam hal ini, dapat kita ketahui bersama bahwa SDM ASN di Kabupaten Pacitan didominasi berlatar belakang pendidikan sebesar 3607 orang. Namun di satu sisi banyak penduduk kita sejumlah 586.110 jiwa yang tidak memiliki ijazah sampai dengan 23,32% sedangkan SDM penduduk kita di dominasi oleh lulusan SD sebesar 36,92 persen,”ungkap Bupati dalam unggahannya di akun instagramnya, @inb_indratanurbayuaji yang dikutip pada Kamis (23/9/2021).

Menurut Bupati, masyarakat Pacitan sangat membutuhkan peningkatan kapasitas agar dapat menjadi motor penggerak pembangunan untuk mendukung dan mendorong pembangunan di Kabupaten Pacitan ini.

Selain itu, kata dia, upaya-upaya pembangunan SDM aparatur yang berkualitas, berdaya saing, dan bangga melayani bangsa menjadi kunci untuk mewujudkan birokrasi yang professional.

“Oleh karenanya, perlu adanya transformasi pola pikir, sikap, dan perilaku kerja dalam birokrasi dalam rangka melayani bangsa,”tandas dia.

Menurut Bupati, mencerdaskan kehidupan bangsa adalah amanat dalam pembukaan UUD 1945.

“Maka saya menghimbau kepada seluruh ASN di Kabupaten Pacitan hendaknya menjadi ASN yang profesional, berkarakter sebagai agen yang mencerdaskan bangsa,”jelasnya.

Pemerintah Kabupaten Pacitan, kata Bupati, sudah menganggarkan Kegiatan dalam Rangka Pembangunan SDM, sehingga sudah sepatutnya aparatur bersungguh-sungguh dan profesional.

“Pembangunan bangsa akan maju pesat apabila nilai-nilai Pancasila, bela negara, dijadikan dasar ASN dalam melayani dan mencerdaskan masyarakat di Pacitan tercinta ini,”pungkasnya. (red/DP)