Bupati Pacitan: Data Statistik Penting Digunakan Dasar Perencanaan Pembangunan

oleh -Dibaca 393 kali
HSN. Bupati Aji saat menjadi pembicara dalam webinar hari statistik nasional pada Rabu (22/9/2021). (Foto: Dok. Instagram @inb_indratanurbayuajI)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji mengatakan data statistik memiliki pernana penting sebagai dasar perencanaan pembangunan.

Hal itu disampaikan oleh Bupati yang akrab disapa Aji ini saat menjadi pembicara kunci dalam webinar nasional Hari Statistik Nasional (HSN) 2021 yang digelar oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Pacitan pada Rabu (22/9/2021).

Dalam webinar yang mengusung tema “Statistik, mengarahkan dan mengukur, Pembangunan? itu, Bupati menyampaikan HSN diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya statistik, meningkatkan peran serta masyarakat dalam statistik, dan mendorong para pelaku statistik untuk terus melakukan kegiatan statistik.

“Berbicara data dan statistik, kita tidak bisa lepas dari peran Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai sebuah institusi pemerintah yang memiliki kewenangan melakukan kegiatan statistik berupa sensus dan survei, untuk menghasilkan data dan statistik yang dibutuhkan baik oleh pemerintah, swasta maupun masyarakat pada umumnya,”jelas Aji, dikutip dari laman Instagramnya @inb_indratanurbayuaji.

Menurut Bupati, data yang dihasilkan oleh BPS ini diperlukan terutama bagi Pemerintah Daerah untuk digunakan sebagai dasar dalam sistem perencanaan pembangunan.

“Pada penyusunan perencanaan pembangunan, penetapan indikator-indikator seperti indikator makro ekonomi, indikator makro kesejahteraan social, semuanya menggunakan data statistik,”tandas mantan Ketua DPRD Pacitan ini.

Selain digunakan sebagai dasar perencanaan pembangunan, Aji mengungkapkan data statistik tersebut juga digunakan sebagai bahan evaluasi atas pembangunan yang telah dilakukan.

“Semangat perayaan HSN ini adalah upaya untuk membangun kesadaran semua pihak akan pentingnya data statistik. Data Statistik yang berkualitas tidak akan bisa terwujud jika tidak ada dukungan dan kerja sama dari semua pihak dalam mewujudkan Satu Data Indonesia,”pungkasnya.

Selain Bupati Aji, dalam kegiatan itu juga hadir sejumlah narasumber, diantaranya Sudibyo Alimoeso, Sasmito Hadiwibowo, Dedy Dwi Prastyo dan Arie Wahyu Wijayanto. Webinar tersebut digelar selama dua hari, yakni sejak Rabu (22/9/2021) hingga Kamis (23/9/2021). HSN sendiri diperingati pada Ahad (26/9/2021) mendatang.