Wabup Pacitan Ajak Masyarakat Tumbuhkan Kesetiakawanan dan Solidaritas Sesama

oleh -Dibaca 406 kali
Wabup Gagarin, saat penyaluran dana Baznas Kabupaten Pacitan di Kecamatan Sudimoro, Rabu (21/9/2021). (Foto: Dok. Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Wakil Bupati Pacitan Gagarin berharap kepada masyarakat Pacitan untuk  menumbuhkan rasa kesetiakawanan serta solidaritas terhadap sesama. Terlebih, ditengah kondisi pandemi seperti saat ini dimana ada sebagian masyarakat yang mengalami kesulitan karena terdampak.

“Kita ini adalah bagian dari satu yaitu masyarakat Kabupaten Pacitan. Maka sewajarnya yang namanya kesetiakawanan yang dilandasi persaudaraan ibaratanya yang satu sakit yang lain ikut merasakan,”kata Gagarin, saat penyaluran dana Baznas Kabupaten Pacitan di Kecamatan Sudimoro, Rabu (21/9/2021) dikutip dari laman Humas Pemkab Pacitan.

Gagarin meyakini jika landasan tersebut teraplikasi dalam kehidupan bermasyarakat, maka setiap persoalan akan terselesaikan dengan mudah. Mantan Legislator itu mencontohkan keberadaan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pacitan yang sukses mengelola zakat dan infaq para Aparatur Sipil Negara (ASN).

Sebagai lembaga resmi pemerintah dalam pengelolaan zakat dan infaq Baznas telah banyak membantu fakir miskin, yatim, yatim piatu, para guru ngaji, guru TPA serta yang lainnya. Termasuk masyarakat yang tengah menghadapi kesulitan semisal kekeringan, atau dampak pandemi seperti saat ini.

“Saya berharap, tolong sampaikan mungkin ada anak atau saudara yang sukses dan terketuk hatinya ingin membantu saudaranya yang membutuhkan juga bisa melalui Baznas Kabupaten Pacitan,”jelasnya.

Baznas Kabupaten Pacitan kembali menyalurkan dana infaq dan sodaqoh yang terkumpul dari para ASN. Penyaluran kali ini merupakan termin kedua dengan total dana mencapai lebih dari Rp 500 juta.

“Jumlah penerima kali ini mencapai 2.684 orang meliputi para fakir miskin, yatim, yatim piatu serta guru ngaji dan untuk Kecamatan Sudimoro ada 154 penerima,” kata koordinator Baznas Pacitan Abdullah Sajad.

Menurut Abdullah Sajad dana yang terkumpul saat ini adalah hasil dari zakat profesi serta infaq dan sodaqoh para ASN.

Meskipun bantuan yang diberikan belum mampu memenuhi semua kebutuhan namun Sajjad berharap dapat meringankan beban terutama ditengah kondisi pandemi seperti saat ini. Selain Sudimoro, Wabup juga menyerahkan bantuan Baznas di Kecamatan Kebonagung. (red/Humas)