Bupati Aji Kenalkan Program Layanan Adminduk Berbasis Kewenangan Desa di Forum Inspirasi Kecamatan

oleh -0 Dilihat
KENALKAN INOVASI. Bupati Aji saat menjadi narasumber dalam Forum Inspirasi Kecamatan Provinsi Jawa Timur 2021 dengan tema Kecamatan Cetar Untuk Jatim “Bangkit” Kamis (23/9/2021) di Hotel Harris, Kota Surabaya. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, SURABAYA – Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji mengenalkan program Layanan Administrasi Kependudukan Berbasis Kewenangan Desa (LABKD) dalam acara Forum Inspirasi Kecamatan Provinsi Jawa Timur 2021 dengan tema Kecamatan Cetar Untuk Jatim “Bangkit” Kamis (23/9/2021) di Hotel Harris, Kota Surabaya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Aji mengenalkan terobosan LABKD dilatarbelakangi keinginan Pemerintah untuk mendekatkan layanan adminduk sampai ke tingkat desa.

“Kasihan kalau masyarakat yang jauh kita paksa untuk mempunyai identitas, tetapi dari pemerintah daerah sendiripun tidak melakukan sesuatu hal untuk mendekatkan pelayanan,”kata Bupati, seperti dikutip dari siaran pers Humas Pemkab Pacitan.

Menurut Bupati, LABKD adalah fasilitas layanan administrasi kependudukan dengan melibatkan kewenangan pemerintah desa langsung. Melalui LABKD masyarakat tidak perlu lagi melakukan pengurusan adminduk ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, namun cukup di pemerintah desa.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan pelayanan administrasi kependudukan tidak seharusnya menjadi beban masyarakat. Melainkan, menjadi tanggung jawab pemerintah khususnya pemerintah daerah (Pemda).

Terlebih, kata dia, dengan topografi wilayah Kabupaten Pacitan yang bergunung serta jarak yang jauh menuju pusat kota (Kabupaten). Dengan memanfaatkan Layanan Adminduk Berbasis Kewenangan Desa (LABKD) maka pemerintah telah mewujudkan pelayanan yang mudah, murah, cepat dan terintegrasi.

“Dengan LABKD ini mengurus adminduk akan lebih cepat mudah, kalau sudah cepat dan mudah tentunya pasti murah dan aman karena terintegrasi dengan Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil di kabupaten,”jelasnya.

Bupati berharap, dengan mendekatkan pelayanan adminduk ke masyarakat akan tercipta data yang akurat. Satu data yang tepat akan melahirkan kebijakan yang tepat pula.

Atas capaian tersebut Kabupaten Pacitan mendapatkan penghargaan sebagai apresiasi atas kerjasamanya dengan Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan Untuk Kesejahteraan (KOMPAK).