Sukseskan Gerakan Tanam Cabai, Bupati Berharap Pacitan Punya Komoditi Unggulan

oleh -Dibaca 501 kali
TANAM CABAI. Bupati Aji saat melakukan gerakan menanam aneka cabai di Dusun Papringan, Desa Gembong, Kecamatan Arjosari, Rabu (1/9/2021). (Foto: Dok. Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, ARJOSARI – Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji berharap sektor pertanian Pacitan memiliki komoditi unggulan yang dapat dijual keluar. Petani  Pacitan dapat lebih fokus dengan komoditi tertentu yang sesuai dengan kondisi wilayah.

“Kita bisa fokus pada satu atau dua komoditi dulu yang mayoritas masyarakat betul-betul dapat membudidayakan tanaman tersebut,”kata Bupati Aji saat melakukan gerakan menanam aneka cabai  di Dusun Papringan, Desa Gembong, Kecamatan Arjosari, Rabu (1/9/2021) mengutip dari siaran pers Humas Pemkab Pacitan.

Bupati berharap kedepan ada komoditas pertanian Pacitan yang bisa bersaing di pasar regional bahkan, hingga pasar ekspor. Syaratnya, petani harus bisa memenuhi kebutuhan pasar baik dari sisi kuantitas maupun kontinuitas.

“Mungkin nanti  kita melakukan kajian lebih dulu untuk menentukan komoditas apa yang cocok untuk Pacitan,”ujar Bupati.

Gerakan tanam aneka cabai di Dusun Papringan, Desa Gembong, Kecamatan arjosari merupakan program bantuan dari Kementerian Pertanian RI untuk kelompok tani setempat.

Dalam kegiatan itu, ribuan tanaman cabai jenis keriting mulai ditanam dilahan seluas kurang lebih sepuluh hektar tersebut. Program ini sendiri diharapkan dapat menjadi penyangga hortikultura khususnya komoditas cabai di Pacitan.

“Menanam cabai perlu istiqomah serta kesungguhan karena harga komoditas cabai dan hasil pertanian biasa fluktuatif dan kebetulan saat ini harganya sedang turun,” imbuh, Kepala Dinas Pertanian Pacitan, Bambang Supriyoko. (red/DP)